10 Cara Melatih Mental agar Kuat dan Tanda Memiliki Mental Lemah

10 cara melatih mental ini penting Anda ketahui agar bisa terus bertumbuh dan tidak mudah menyerah. Kenali juga tanda-tanda mental lemah.
Image title
23 Desember 2022, 19:27
Cara Melatih Mental
Unsplash
Ilustrasi, seseorang melakukan meditasi untuk melatih mental.

Cara melatih mental penting diketahui terlebih di dunia kerja yang tidak selalu mulus. Pastinya ada kesulitasn yang dialami baik besar maupun kecil. Anda membutuhkan mental kuat untuk bisa bertahan di dunia kerja yang penuh tantangan dan tekanan.

Melatih mental untuk kuat menghadapi tekanan diperlukan demi menjaga kesehatan mental seseorang. Seperti diketahui, kesehatan mental merupakan aspek terpenting dari diri yang perlu dijuga. Dengan mental yang sehat, seseorang akan memiliki pandangan yang lebih positif terhadap diri sendiri maupun orang lain.

Cara Melatih Mental

Melatih mental bisa dilakukan sejak dini melalui kebiasaan kecil yang dibangun, berikut beberapa cara melatihnya agar kesehatan mental tetap terjaga, dilansir dari Generali.co.id:

Kesehatan Mental
Cara Melatih Mental (Katadata)

 

 

 

 

 

 

 

1. Berpikir Positif

Memasuki dunia kerja pastinya akan menemui naik-turun, kecewa atau sedih. Hal tersebut bisa berdampak buruk dan melemahkan mental. Anda perlu merubah pandangan menjadi lebih realistis dan positif. Contohnya saat mengalami kegagalan.

2. Berani Melawan Rasa Takut 

Berani melawan rasa takut merupakan cara melatih mental agar lebih berani. Hal-hal yang Anda hindari sebelumnya mungkin bisa menjadi tantangan yang bisa membawa diri jadi lebih kuat dari sebelumnya. Misalnya ketika merasa takut dan gugup di depan umum.

3. Mengenali Diri Sendiri 

Mengenali diri sendiri terkadang jadi hal yang lebih sulit dari apa yang dibayangkan. Terkadang kita dibuat sulit karena bingung dengan pikiran sendiri maka luangkanlah waktu untuk merenung dan mengenali diri sendiri. 

4. Percaya Diri 

Seseorang yang memiliki tingkat kepercayaan diri tinggi biasanya memiliki mental lebih kuat dan cepat dipromosikan di suatu perusahaan. Kepercayaan diri bisa membuat orang lain terinspirasi dan mengakui bahwa Anda lebih baik.

5. Beraktivitas dan Olahraga

Beraktivitas dan olahraga bisa jadi cara melatih mental. Menurut beberapa studi, olahraga secara rutin setidaknya dua kali dalam seminggu bisa meningkatkan ketahanan fisik, intelektual dan sosial. Sebisa mungkin hindari aktivitas yang bisa membuat diri tidak produktif.

6. Mengendalikan Emosi

Wajar merasakan emosi negatif seperti kecewa, marah dan hal lainnya. Namun yang terpenting Anda tahu cara bagaimana mengendalikannya agar tidak didominasi oleh pikiran negatif. Kecerdasan emosional jadi sebuah keharusan untuk membangun mental lebih kuat. 

7.  Beradaptasi dengan Perubahan

Ketika memasuki dunia kerja tentunya akan berhadapan dengan orang baru dan membutuhkan penyesuaian. Penting untuk melatih kemampuan dalam beradaptasi agar tidak mudah menyerah karena merasa tidak sesuai dengan lingkungan baru

8. Jangan Membandingkan Diri

Membandingkan diri dengan orang lain memang bagus untuk memotivasi diri namun jika upaya membandingkan diri membuat Anda jadi tidak percaya diri sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Membandingkan diri dengan orang lain hanya akan memberikan dampak iri dan insecure.

9. Tidak Menjadikan Kesalahan Sebagai Beban

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan di masa lalu, jadikan kesalahan itu sebagai pelajaran dan jangan terjebak di dalamnya. Selanjutnya Anda harus bisa fokus ke masa depan dan mengambil pelajaran dari kesalahan agar tidak terulang kembali. 

10. Jangan Pikirkan Perkataan Orang Lain

Cara melatih mental berikutnya yaitu tidak memikirkan perkataan orang lain. Memikirkan hal yang tidak penting hanya akan membuat mental semakin terpuruk. Fokuslah terhadap hal-hal yang bisa dikendalikan, jangan pikirkan hal-hal yang tidak bisa Anda kendalikan.

Ciri-ciri Mental Lemah

Selain cara melatih mental, ketahui juga ciri-ciri mental lemah yaitu sebagai berikut:

Kesehatan Mental
Ciri-ciri Mental Lemah (Katadata)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. Mudah Mengeluh

Terkadang berkeluh kesah boleh-boleh saja untuk melepaskan emosi terpendam selama masih dalam batas wajar.  Setelah itu, cobalah untuk bangkit dan cari jalan keluar dengan berpikiri positif dan mengeluarkan kalimat supportive.

2.  Cepat Menyerah

Terkadang ada orang yang jarang mengeluh tetapi lebih memilih menghindari masalah dengan cara mudah menyerah. Menghindari masalah dengan menjaga perdamaian diri tidak lari dari masalah. Anda hanya perlu memulai terlebih dahulu.

3. Terlalu mendengarkan Orang Lain

Seseorang yang kurang percaya diri terkadang perlu orang lain untuk mengakui dirinya. Padahal hal tersebut kurang baik. Dalam hal ini, Anda yang paling tahu kondisinya. Menerima nasihat bijak sangat disarankan tetapi jangan mencari pengakuan eksternal untuk memvalidasi identitas diri. 

10 cara melatih mental ini bisa Anda coba agar lebih kuat dan tidak takut gagal. Selain itu, kenali tanda-tanda Anda memiliki mental lemah dan segera tinggalkan kebiasaan tersebut agar bisa terus berkembang.

 

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait