4 Rekomendasi Aplikasi untuk Membantu Menjaga Kesehatan Mental

Destiara Anggita Putri
14 Desember 2022, 22:50
Aplikasi untuk Membantu Menjaga Kesehatan Mental
Unsplash
Ilustrasi, imbauan mengenai pentingnya kesehatan mental.

Kesehatan mental merupakan aspek terpenting dari diri yang perlu Anda juga. Dengan mental yang sehat, Anda akan memiliki pandangan yang lebih positif terhadap diri sendiri maupun orang lain. 

Di tengah kesibukan yang cukup padat, tentunya tidak mudah bagi Anda untuk meluangkan waktu demi menjaga kesehatan mental. Solusinya, Anda bisa memanfaatkan aplikasi yang tersedia sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini empat rekomendasi aplikasi untuk membantu menjaga kesehatan mental yang bisa Anda unduh di handphone (HP).

1. Riliv

Aplikasi pertama yang bisa Anda undub adalah Riliv. Aplikasi ini merupakan aplikasi buatan anak bangsa yang menyediakan fasilitas konsultasi gratis kepada para penggunanya. 

Dengan aplikasi ini, Anda bisa berkonsultasi dengan psikolog dan konselor yang telah berlisensi dan diakui oleh Himpunan Psikologi Indonesia atau HIMPSI. Tentunya Anda perlu berlangganan fasilitas premium berbayar terlebih dahulu untuk bisa menikmati layanan ini.

Selain dengan psikolog atau konselor, Anda juga bisa berkonsultasi dengan relawan mahasiswa psikologi yang terdaftar di aplikasi ini. Namun mereka hanya berperan sebagai teman pendengar curhat dan bukan pemberi solusi.

Anda bisa mengakses layanan konsultasi ini lewat text, call ataupun video call. Anda juga bisa memilih topik konsultasi yang telah tersedia di aplikasi seperti percintaan, kecemasan, hingga insecurity.

Riliv juga menyediakan fitur lain yaitu fitur meditasi online hening yang bisa diakses kapan saja di HP. Fitur ini telah menyediakan panduan dalam bahasa Indonesia yang pastinya sangat membantu bagi Anda yang baru belajar meditasi. Anda bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis di Google PlayStore.

2. Mindshift

Aplikasi selanjutnya adalah Mindshift, yang cocok bagi Anda yang sering mengalami gangguan kecemasan. Anda bisa menjadikan aplikasi ini sebagai pertolongan pertama ketika Anda mengalami panic attack akibat gangguan kecemasan.

Anda bisa memanfaatkan bimbingan dan evaluasi berdasarkan CBT atau terapi perilaku kognitif, yang disediakan dalam aplikasi untuk belajar dan mempraktikkan keterampilan mengatasi kecemasan. Ada beberapa CBT strategies yang bisa Anda coba, seperti thought journal, belief experiences, dan comfort zone challenger.

Dalam aplikasi ini, ada berbagai metode yang bisa Anda manfaatkan untuk dalam menangani kecemasan termasuk pengetahuan tentang kecemasan dan gejalanya, teknik-teknik relaksasi, dan mengevaluasi tingkat kecemasan dalam situasi tertentu. 

Anda juga bisa menandai atau mem-bookmark jenis pendekatan favorit agar bisa mengaksesnya dengan mudah lain kali. Mindshift juga menyediakan berbagai audio menenangkan yang bisa membuat pikiran lebih rileks dan santai sehingga Anda bisa menyusun ulang pikiran. 

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement