4 Cara Mencari Ide Konten YouTube yang Menarik

Image title
24 Desember 2022, 14:59
Cara Mencari Ide Konten Youtube
Unsplash
Ilustrasi, proses pengambilan gambar untuk video.

Sebagai seorang Youtuber, Anda mungkin pernah mengalami kesulitan untuk menemukan ide konten. Hal ini wajar terjadi mengingat persaingan di YouTube semakin ketat sehingga Anda harus lebih selektif memilih ide konten. 

Walaupun begitu, Anda harus bisa menemukan ide konten YouTube sekreatif mungkin sekaligus informatif bagi audiens  Anda. Jika masih bingung, simak ulasan cara mencari ide konten Youtube berikut ini.

Cara Mencari Ide Konten Youtube

Anda bisa menemukan ide konten video yang menarik dengan berbagai cara. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan empat caranya di bawah ini.

1. Lihat Konten Kompetitor

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah melihat berbagai konten video yang telah diunggah oleh channel YouTube kompetitor. Tentunya konten video ini sesuai dengan niche Anda dan memiliki target audience yang serupa dengan Anda.

Untuk melakukan hal ini, Anda bisa memulainya dengan mencari ide konten niche YouTube Anda di kolom pencarian. Nantinya akan muncul berbagai video dari kompetitor. 

Kemudian, perhatikan satu atau beberapa video yang menurut Anda menarik namun belum pernah ada di channel YouTube Anda. Buat catatan tentang konten video yang menurut Anda potensial  dan mungkin akan menjadi ide konten berikutnya. 

Selain langkah di atas, Anda juga bisa mengetik berbagai ide yang terlintas di kepala pada kolom pencarian YouTube. Palestina akan muncul “Search Prediction” bahkan sebelum Anda selesai mengetik. Dari search prediction ini, Anda bisa mencatat beberapa kata kunci atau keyword yang menurut Anda layak untuk dijadikan konten.

2. Perhatikan Kolom Komentar

Sebagai Youtuber, Anda juga perlu aktif di kolom komentar untuk meningkatkan engagement dengan viewers. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengetahui video apa saja yang disukai oleh mereka.

Hal ini dikarenakan ada viewers yang terkadang yang meminta atau request topik tertentu untuk dibahas namun luput dari perhatian para Youtuber. Oleh karena itulah, Anda harus sering-sering mengecek kolom komentar untuk menemukan ide konten yang menarik.

Jika kolom komentar masih sepi, Anda bisa memancing viewers untuk memberikan komentar setiap Anda hendak mengakhiri video. Namun terkadang tidak bisa dipungkiri ada saja viewers yang suka memberikan komentar negatif.

Walaupun demikian, Anda tidak perlu khawatir. Komentar negatif tersebut bisa Anda jadikan sebagai ide konten atau evaluasi agar bisa menyajikan konten yang lebih baik lagi kedepannya.

3. Manfaatkan YouTube Hashtag

YouTube telah menyediakan fasilitas hashtag, yaitu sebuah kata yang diawali tagar yang berguna untuk mengklasifikasikan konten ke dalam topik tertentu. Jika Anda mengklik hashtag in, maka Anda akan dibawa ke konten video dengan topik yang serupa. 

Hashtag ini bisa Anda manfaatkan untuk menemukan ide konten yang sesuai dan disukai oleh viewers.  Caranya adalah dengan memasukkan beberapa youtube hashtag yang merangkum isi video Anda dengan tepat. 

Nantinya, akan muncul youtube hashtag yang memiliki volume pencarian tertinggi, rendah, serta, kecil. Anda bisa membeli hashtag dengan volume pencarian menengah untuk mendapatkan viewers yang lebih banyak tanpa perlu khawatir tersaingi dengan kompetitor lain. 

Atau, Anda juga bisa menggunakan website khusus yang dapat menganalisa tagar dengan volume pencarian tertinggi. Dari hashtag yang muncul, cukup pilih tiga tagar yang memiliki performa tertinggi untuk disematkan pada deskripsi video.  

4. Buka Forum dan Komunitas Online 

Selain lewat YouTube, Anda juga bisa membuka forum atau komunitas online seperti Quora, reddit, Kaskus, dan lainnya untuk mencari ide konten. Dengan cara ini, Anda bisa mengetahui topik apa saja yang sedang ramai dibicarakan yang berkaitan dengan niche Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mempelajari lebih dalam tentang target viewers Anda seperti channel Youtube favorit mereka, apa pain point mereka, dan sebagainya. Semua informasi ini akan membantu Anda membuat konten video yang lebih relevan dengan viewers Anda. 

Ide Konten Youtube

Berikut ini tiga ide konten yang bisa Anda jadikan pertimbangan untuk membuat konten video.

1. Vlog

Ide konten YouTube yang cukup banyak diminati adalah vlog. Jenis video ini biasanya menampilkan keseharian dari si Youtuber. Untuk membuat vlog, Anda hanya perlu merekam kegiatan sehari-hari atau momen tertentu seperti traveling. Dengan membuat video ini, Anda bisa mendokumentasikan kegiatan atau momen berharga. Selain itu, Anda bisa menggaet lebih banyak viewers yang tentunya akan berpengaruh terhadap penghasilan Anda dari Youtube.

2. Kuliner 

Ide konten berikutnya adalah kuliner yang banyak dicari viewers pecinta kuliner. Di konten ini, Anda bisa merekam perjalanan saat menuju tempat makan, proses pembuatan atau memasaknya, hingga saat mencicipi hidangan tersebut.

Jangan lupa juga untuk memberikan review atau penilaian terhadap makanan yang sudah Anda coba sebelumnya. Dengan penilaian tersebut, maka viewers bisa menilai apakah tempat makan atau kuliner layak dicoba atau tidak. 

3. Review Film

Selain review produk, Anda juga bisa membuat video review film yang cocok bagi Anda suka menonton  film. Bila ingin membuat konten ini, Anda bisa memberikan review tentang film yang sedang populer.

Tentunya Anda harus menyampaikan review seobjektif mungkin tanpa memberikan bocoran atau spoiler tentang cerita film tersebut. Melalui review Anda, viewers bisa menilai sendiri apakah film tersebut layak ditonton atau tidak.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait