7 Ide Konten YouTube Modal HP untuk Pemula

Image title
23 Desember 2022, 16:46
Ide Konten YouTube Modal HP
Unsplash/Collabstr
Ilustrasi, YouTube.

YouTube merupakan salah platform populer dimana banyak bisa streaming atau berbagi video dengan beragam konten seperti live performance, tutorial, news, dan lain-lain.

Banyak orang menjadikan YouTube sebagai media untuk mencari informasi atau hiburan. Namun dengan jumah pengunjung YouTube yang terus bertambah, ada juga yang tertarik menjadi YouTuber, untuk mendapatkan penghasilan.

Bila Anda juga demikian, maka hal pertama yang harus dipikirkan adalah ide konten yang dapat menggaet banyak viewers. Namun Anda tidak perlu kahwatir. Ada berbagai ide konten yang bisa dibuat bermodalkan HP saja. Tentunya hal ini sangat membantu bagi Youtuber pemula seperti Anda. Lalu, apa saja ide konten tersebut? Simak ulasan berikut ini.

Ide Konten YouTube Modal HP

Anda bisa menggunakan HP untuk membuat video YouTube yang menarik. Berikut ini ujuh ide konten YouTube modal HP yang bisa diaplikasikan.

1. Vlog

Ide konten YouTube modal HP yang cukup banyak diminati adalah vlog. Jenis video ini, biasanya menampilkan keseharian dari si YouTuber, terutama ketika mengunjungi tempat-tempat unik. Tempat yang dikunjungi tidak harus tempat wisata, melainkan wilayah atau daerah yang jarang diketahui oleh khalayak umum.

Konten ini video ini cukup mudah dibuat dan pastinya menarik bagi Anda sebagai pemula, karena tidak perlu pusing memikirkan jenis konten video yang akan dibuat. Untuk membuat vlog, Anda hanya perlu merekam kegiatan sehari-hari atau momen tertentu seperti traveling. 

Dengan membuat video ini, Anda bisa mendokumentasikan kegiatan atau momen berharga. Selain itu, Anda bisa menggaet lebih banyak viewers yang tentunya akan berpengaruh terhadap penghasilan Anda dari YouTube.

2. Kuliner 

Ide konten YouTube modal HP berikutnya adalah kuliner, yang memang banyak dicari pecinta kuliner. Melalui jenis konten ini, Anda bisa memberikan rekomendasi tempat makan atau kuliner yang sedang populer di tempat tinggal Anda.

Anda juga bisa merekam perjalanan saat menuju tempat makan, proses pembuatan atau memasaknya, hingga saat mencicipi hidangan tersebut. Jangan lupa juga untuk memberikan review atau penilaian terhadap makna yang sudah Anda coba sebelumnya. Dengan penilaian tersebut, maka penonton bisa menilai apakah tempat makan atau kuliner layak dicoba atau tidak. 

3. Memasak

Selain video kuliner, Anda juga bisa menampilkan aktivitas ketika sedang memasak di dapur. Jenis video ini cukup banyak dicari dan diminati oleh para ibu dan wanita yang baru belajar memasak.atau ingin mengetahui resep-resep tertentu

Untuk membuat video ini dengan HP, Anda bisa meminta bantuan kepada salah satu anggota keluarga untuk merekam kegiatan memasak Anda Pastikan juga Anda telah memasang aplikasi video editing pada HP.

Hal ini dikarenakan video memasak yang asli biasanya  memakan waktu 30 menit hingga satu jam. Oleh karena itu, Anda perlu mengeditnya dengan mempercepat atau memotong video agar durasinya tidak terlalu panjang. Dengan demikian, video akan terlihat lebih menarik untuk ditonton dan bisa menggaet lebih banyak viewers.

4. Tutorial

Ide konten YouTube modal HP lainnya yang dapat dicoba, adalah membuat video tutorial. Ini merupakan jenis video yang berisikan cara atau step-by-step dalam melakukan suatu aktivitas atau memakai produk tertentu yang bersifat informatif. Misalnya membuat kue, membuat prakarya, membuat resep masakan tertentu, dan lain-lain, 

Video tutorial merupakan ide konten yang layak dicoba dikarenakan banyak viewers lebih menyukai informasi dengan konsep video. Selain itu, bila Anda seorang pebisnis atau pengusaha, video ini bisa menjadi strategi yang baik untuk mempromosikan produk serta meningkatkan angka customer experience.

5. Video Gaming

Ide konten YouTube modal HP berikutnya, adalah video gaming. Jenis konten ini memiliki peminat yang cukup banyak, terutama dari para gamers. Konten ini cukup mudah dibuat, karena Anda hanya perlu merekam permainan yang Anda lakukan dan mengunggah ke channel YouTube Anda.

Anda juga bisa merekam ketika sedang bermain game populer seperti Mobile Legends, Valoran, dan lainnya untuk mendapatkan engagement yang tinggi. Semakin banyak engangmenet, maka kemungkinan Anda mendapatkan penghasilan tambahan dari Youtube semakin besar. Terlebih lagi, saat in video gaming dari Youtube sedang mengalami peningkatan yang sangat signifikan.  

6. Review Produk

Ide konten YouTube modal HP menarik lainnya yang layak dicoba adalah review produk. Jenis konten ini banyak dicari, karena mudahkan mereka untuk mencari tahu spesifikasi dari produk yang ingin dibeli.

Ada beberapa YouTuber yang berhasil mendulang kesuksesan lewat konten video ini. Misalnya Suhay Salim yang membuat video review produk kecantikan. Selain itu, ada juga akun Youtube Gadgetin yang berhasil meraih jutaan subscribers melalui konten review produk HP.

Bila tertarik, Anda bisa membuat konten video review tentang kosmetik, skincare, produk elektronik, dan barang-barang lainnya.  Anda juga bisa membeli produk-produk yang sedang populer di masyarakat untuk di-review.

7. Review Film

Selain review produk, Anda juga bisa membuat video review film yang cocok bagi Anda suka menonton  film. Konten ini banyak dicari oleh viewers yang ingin mendapatkan sedikit ulasan dari film yang ingin mereka tonton. 

Bila ingin membuat konten ini, Anda bisa memberikan review tentang film yang sedang populer. Tentunya Anda harus menyampaikan review seobjektif mungkin tanpa memberikan bocoran atau spoiler tentang  film tersebut.   

Melalui review Anda, viewers bisa menilai sendiri apakah film tersebut layak ditonton atau tidak. Video ini juga bisa membuka ruang diskusi di antara viewers di kolom komentar tentang film tersebut.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait