Memahami Cara Menanam Kacang Panjang dengan Tepat

Annisa Fianni Sisma
30 Desember 2022, 13:44
cara menanam kacang panjang
PEXELS
Ilustrasi, Kacang Panjang.

Kacang Panjang merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat dengan mudah dibudidayakan di rumah. Jika tertarik untuk turut serta menanam Kacang Panjang di rumah, berikut ini penjelasan cara menanam Kacang Panjang selengkapnya.

Ketertarikan untuk menanam Kacang Panjang di rumah dikarenakan banyak manfaat yang dapat diperoleh saat mengonsumsi tanaman ini. Manfaat Kacang Panjang tersebut, di antaranya dapat membantu mengontrol berat badan, menjaga sistem kesehatan, memperbaiki pencernaan, menurunkan tekanan darah, mengontrol kadar gula dalam darah, dan lain sebagainya.

Segudang manfaat itu dapat diperoleh dengan mengkonsumsinya setiap hari. Berkaitan dengan hal itu, untuk semakin mempermudah memperoleh Kacang Panjang, maka menanamnya di pekarangan dekat rumah menjadi solusi yang terbaik.

CARA MENANAM KACANG PANJANG
CARA MENANAM KACANG PANJANG (PEXELS)
 




Cara Merawat Kacang Panjang

Cara menanam Kacang Panjang sebenarnya tidak terlalu sulit. Pada pokoknya, pemilik harus menjaga kebersihan dan kesehatan tanaman serta mencegah timbulnya penyakit. Tak lupa juga untuk memberikan nutrisi yang baik terhadap tanaman Kacang Panjang. Berikut ini penjelasan rincian cara menanam Kacang Panjang selengkapnya.

1. Pemilihan Media Tanam

Pemilihan media tanam menjadi faktor utama dalam cara menanam Kacang Panjang. Ketika ingin menanam Kacang Panjang yang baik, pemilik harus mengecek kualitas media tanaman tersebut.

Pasalnya, media tanam menjadi faktor utama karena berfungsi sebagai pemberi nutrisi, penopang tumbuhan, menyediakan tempat agar akar mampu berkembang, dan lain sebagainya. Sifat kimia seperti kadar keasaman, biologi, dan lain sebagainya pun berpengaruh dalam pertumbuhan tanaman.

Jika media tanam adalah berupa pot atau polybag, maka pilihlah pot atau polybag yang kuat untuk menopang. Selain itu, harus memiliki porositas dan drainase yang baik. Artinya, media tanam itu harus mampu menyimpan air dan melakukan sistem pembuangan air dengan baik.

Sistem drainase dan porositas yang baik akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman karena mampu menjaga keseimbangan kebutuhan tanaman. Selain itu, media tanam harus mampu memenuhi kebutuhan unsur hara yang diperlukan tanaman, baik mikro maupun makro.

Media tanam haruslah bersih dan terhindar dari penyakit yang dapat merusak tanaman. Oleh karena itu, ganti media tanam atau bersihkan dengan teliti jika sebelumnya digunakan oleh tanaman yang layu atau mati.

2. Pemilihan dan Cara Menanam Bibit Kacang Panjang

Cara menanam Kacang Panjang yang kedua yakni perlu memperhatikan terlebih dahulu terkait bibit yang digunakan. Pilihlah bibit Kacang Panjang yang baik karena akan mempengaruhi kualitas hasil panen.

Pilih bibit Kacang Panjang yang dapat berkecambah di atas 90%. Bibit yang baik terlihat sedikit kusam atau bernas. Cara menanam Kacang Panjang juga tidak perlu melalui tahap penyemaian. Bibit Kacang Panjang dapat langung ditanam di media tanam.

3. Mempersiapkan Media Tanam

Setelah memahami beberapa ketentuan terkait media tanam yang harus diperhatikan. Kemudian pada tahap ini, pemilik harus mempersiapkan dan memastikan tanah yang digunakan telah sesuai dengan kebutuhan.

Pastikan tanah yang subur dan gembur tersedia. Kemudian ayak tanah tersebut agar menjadi butiran halus yang sedikit tersebar.

Jangan ada bagian tanah yang basah. Pastikan tanah benar-benar dalam keadaan kering dan tidak menggumpal. Pasalnya, tanah yang menggumpal membuat seluruh bahan tak tercampur dengan benar.

Kemudian siapkan pupuk kompos yang sudah matang. Pemilik dapat menggunakan kompos bokashi, kompos takakura, atau kompos biasa. Acak atau ratakan kompos tersebut supaya halus. Hal ini diperlukan agar pupuk dapat tersebar dengan baik di media tanam.

Berikutnya, siapkan arang sekam. Cara menanam Kacang Panjang memang membutuhkan arang sekam untuk membantu pertumbuhan tanaman Kacang Panjang.

Campur tanah yang sudah diayak tadi, kompos yang juga sudah diayak tadinya, dan arang sekam menjadi satu. Perbandingan ketiganya yakni 2:1:1, 2 untuk bagian tanah, 1 bagian kompos, dan 1 bagian arang sekam.

Setelah berhasil mencampur ketiganya, masukkan ke dalam pot atau polybag. Selanjutnya, tanah tersebut pun siap menjadi media tanam tanaman Kacang Panjang.

CARA MENANAM KACANG PANJANG
CARA MENANAM KACANG PANJANG (PEXELS)
 




4. Proses Penanaman Kacang Panjang

Setelah melalui berbagai tahapan dalam cara menanam Kacang Panjang di atas, proses selanjutnya adalah menanam bibit Kacang Panjang. Lakukan penanaman saat awal musim hujan agar kacang panjang memperoleh suplai air yang banyak dari air hujan.

Cara menanam Kacang Panjang cukup mudah. Cukup siapkan satu pot atau polybag untuk dua biji kacang panjang. Jumlah pot atau polybag pun dapat disesuaikan dengan jumlah bibit yang ingin ditanam.

Kemudian, buat lubang di tanah yang sudah tercampur tadi. Setelah itu, masukkan benih Kacang Panjang di lubang dan tutup kembali lubang tersebut dengan tanah.

Demikianlah 4 langkah dalam cara menanam Kacang Panjang. Selanjutnya agar Kacang Panjang menghasilkan panen yang baik, pemilik harus merawatnya dengan penuh komitmen.

Pastikan tanaman Kacang Panjang memperoleh cahaya matahari yang cukup untuk menjaga kesehatannya. Jika terdapat tanaman yang rusak atau sakit, maka tanaman tersebut harus segera diganti. Hal ini dilakukan saat tanaman berumur 5 hingga 7 hari.

Selain itu, lakukan penyiangan terhadap tanaman dan bersihkan tanaman dari rumput liar. Rumput liar dapat merebut nutrisi yang seharusnya didapatkan oleh tanaman Kacang Panjang.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait