6 Rekomendasi Serum Penghilang Komedo Terbaik

6 rekomendasi serum penghilang komedo ini bisa Anda pertimbangkan, karena memiliki sejumlah kandungan komedolitik dan keratolitik.
Image title
3 Januari 2023, 19:00
Serum penghilang komedo
Unplash
Ilustrasi, serum penghilang komedo.

Serum penghilang komedo banyak dicari karena permasalahan kulit seperti komedo cukup banyak dialami. Skincare yang dipilih tentunya harus tepat karena jika tidak bisa memperparah kondisi dan komedo semakin sulit dihilangkan.

Melansir dari Nbcnews.com, komedo berawal dari sumbatan sebum yaitu kumpulan cairan berminyak yang membantu kulit tetap terlumasi. Komedo menyumbat pori-pori ketika bercampur dengan bakteri dan sel kulit mati. Umumnya terjadi di hidung dan dagu.

Komedo yang tidak segera diobati bisa menyebabkan jerawat yang lebih besar dan meradang seperti lesi atau pustula. Meski komedo tidak berbahaya, Anda bisa coba menghilangkannya dengan menggunakan serum khusus komedo.

Rekomendasi Serum Penghilang Komedo

Rekomendasi Serum penghilang komedo
Rekomendasi Serum penghilang komedo (Unsplash)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak perlu khawatir soal komedo karena sekarang sudah banyak produk serum lokal yang ampuh untuk mengusir komedo membandel. Berikut rekomendasi serum untuk mengatasi komedo, dilansir dari beberapa sumber.

1. The Ordinary Lactic Acid 10% + HA

Rekomendasi serum penghilang komedo yang pertama adalah, The Ordinary Lactic Acid 10% + HA 2%. Produk ini memiliki kandungan asam laktat atau asam alfa-hidroksi bersifat komedolitik dan keratolitik. Berfungsi untuk mengelupas kulit dengan melonggarkan lapisan kulit mati paling atas.

2. Rationale The Serum

Rationale The Serum baik untuk mengatasi komedo karena mengandung asam salisilat dan asam laktat untuk mengatur enzim pembaharuan kulit dan meningkatkan deskuamasi. Banyak orang menyukai serum penghilang komedo ini, karena teksturnya yang ringan dan mengurangi tampilan tekstur kasar.

3. Rose Ingleton MD Blemish Control

Serum penghilang komedo berikutnya yang dapat dipertimbangkan, adalah Rose Ingleton MD Blemish Control. Produk ini mengandung bahan yang bisa mencegah noda baru seperti konsentrasi AHA dan antioksidan, untuk memudarkan warna dari bintik lama. Selain itu, Rose Ingleton mengandung ekstrak tumbuhan seperti teh hijau, kunyit dan ekstrak nimba, yang dapat menurunkan peradangan.

4. Kitschy Blemish Hero

Tidak hanya membasmi jerawat, serum Kitschy Blemish Hero membantu mengatasi komedo. Kitschy Blemish Hero mengandung salicylic acid, papain enzyme dan glycolic acid untuk memerangi bakteri penyebab jerawat, mengontrol produksi minyak dan membersihkan pori-pori.

5. Avoskin Miraculous Refining Serum

Serum Avoskin Miraculous Refining  mengandung 10% AHA dan 3% BHA sebagai agen eksfoliator. Selain itu, dilengkapi dengan kandungan niacinamide, ceramide dan bahan pendukung untuk membantu proses eksfoliasi sel kulit mati, mengatasi komedo dan jerawat. Beberapa kandungan ini membuat Avoskin menjadi salah satu serum penghilang komedo yang patut dipertimbangkan.

6. Somethic AHA BHA Peeling Solution

Somethic AHA BHA Peeling Solution efektif membersihkan komedo, menyamarkan garis halus, bekas jerawat dan hiperpigmentasi. Selain itu, Somethic BHA Peeling Solution bisa menjaga kelembapan kulit. Serum khusus peeling ini juga bisa membersihkan pori-pori tersumbat dan mengangkat sel kulit mati.

Kandungan Serum Penghilang Komedo

Kandungan serum penghilang komedo
Kandungan serum penghilang komedo (Unsplash)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ada beberapa kandungan yang perlu Anda ketahui dalam serum penghilang komedo, berikut di antaranya:

1. Retinoid

Retinoid merupakan pilihan bagus untuk mengatur pergantian sel dan mencegah pori-pri tersumbat. Menurut Burke, retinoid topikal bekerja pada semua jenis jerawat dan membantu untuk menghilangkan komedo putih.

2. Asam Salisilat

Asam salisilat merupakan asam beta hidroksi (BHA) yang bisa menembus ke dalam pori-pori untuk melarutkan minyak, membuka pori-pori tersumbat dan mencegah terjadinya penumpukan.

3. Benzoil Peroksida

Benzoil peroksida adalah antioksidan yang bisa membunuh bakteri dan menghentikan oksidasi lipid. Pembersih dengan kombinasi benzoil peroksida dan asam salisilat dipercaya efektif.

4. Asam Laktat

Asam laktat membantu untuk memecah sel kulit mati dan membuka pori-pori yang tersumbat. Namun lebih ke pengelupas kulit, tidak seefektif retinoid, asam salisilat dan adapalene.

5. Arang

Arang tidak menjamin mencegah komedo di masa depan tetapi menawarkan beberapa manfaat langsung seperti menghilangkanminyak dan kotoran dari pori-pori.

Adanya kandungan serum penghilang komedo di 6 produk yang kami rekomendasikan di atas bisa Anda pertimbangkan untuk membantu menghilangkan permasalahan komedo yang membandel. Beberapa kandungan di antaranya retinol, asam salisilat, benzoil peroksida, asam laktat dan arang.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait