Memahami Cara Mengemudi Mobil di Tikungan yang Benar dan Aman

Cara mengemudi mobil di tikungan selain mengandalkan spion, juga perlu menggunakan kepekaan untuk mengira-ngira saat menyetir mobil di tikungan.
Image title
5 Januari 2023, 11:50
cara mengemudi mobil di tikungan
Unsplash
Ilustrasi, mengendarai mobil.

Cara mengemudi mobil di tikungan perlu diperhatikan oleh pengemudi, terutama bagi Anda yang baru bisa menyetir atau dalam proses belajar. Saat berkendara menggunakan mobil maupun motor seringkali mendapati jalan berkelok.

Ketika mengendarai mobil di jalan berkelok atau tikungan sempit, pengemudi harus benar-benar bisa mengendalikan mobil. Jangan sampai kurang menguasai kemudi saat berkendara karena bisa berakibat fatal dan menabrak pengendara mobil lain di sekitar belokan atau tikungan.

Cara Mengemudi Mobil di Tikungan

Cara Mengemudikan Mobil di Tikungan
Cara Mengemudikan Mobil di Tikungan (Unsplash)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Seorang pengemudi perlu mengetahui cara menyetir mobil dengan benar tidak terkecuali saat melewati tikungan. Tidak hanya menguasai kemudi, pengendara harus konsentrasi dan tenang sehingga bisa fokus selama memegang kendali. Berikut cara mengemudi mobil di tikungan:

1. Mengendalikan Setir di Tikungan

Mengemudi mobil di tikungan cukup sulit sehingga perlu mengendalikan stir dan kecepatan. Pastikan memutar setir dengan benar untuk memutar mobil hingga berada di belokan. Waktu yang tepat saat memutar setir mobil yaitu ketika ban bagian depan mobil tepat berada di tikungan atau belokan.

Tidak hanya mengendalikan setir, mengontrol kecepatan laju mobil juga perlu diperhatikan saat melewati jalan tikungan. Pastikan Anda mengurangi laju mobil sebelum diputar. Ketika memutar setir dan mengontrol mobil pastikan dalam kondisi tenang dan tidak panik.

2. Koreksi dan Tahan saat Berada di Tikungan

Ketika memasuki jalan tikungan tentu saja ada perubahan yang perlu dilakukan oleh pengemudi. Saat berada di jalan tikungan, pengemudi harus melakukan koreksi dan tahan. Koreksi maksudnya pihak pengemudi harus memastikan mobil sudah berada tepat di jalur tikungan.

Mengoreksi dalam hal ini bisa dilakukan dengan menambah atau mengurangi putaran pada setir. Jika mobil sudah berada pada posisi yang tepat, Anda bisa menahan setir tersebut sehingga bisa melewati belokan dan tikungan secara mulus.

3. Posisikan Mobil Sesuai dengan Jalur Baru

Setelah melewati tikungan tentunya akan ada jalan berbeda, ada yang lurus atau keadaan jalan lainnya. Pastikan tetap menguasai kendali dan mengarahkan mobil sesuai keadaan jalan setelah melewati tikungan. Ketika menyetir mobil kita harus pandai mengira-ngira dan menggunakan feeling.

Cara Berbelok Tajam dengan Cepat Saat Mendekati Tikungan

Cara Belok Tajam Dengan Cepat Saat Mendekati Tikungan
Cara Belok Tajam Dengan Cepat Saat Mendekati Tikungan (Unsplash)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selain cara mengemudi mobil di tikungan, berbelok tajam dengan cepat dan aman penting diketahui agar selamat saat berkendara, berikut caranya kami lansir dari Id.wikihow.com:

1. Pastikan Jalan Bersih

Ketika mendekati tikungan tajam periksa semua spion untuk memastikan jalan dalam keadaan bersih, tidak ada kendaraan di samping dan belakang Anda. Periksa setiap sisi kendaraan menggunakan spion untuk memastikan bahwa Anda tidak akan menabrak mobil lain.

2. Pindahkan Mobil ke Titik Terluar

Jika Anda akan berbelok tajam ke kanan, gerakan mobil sejauh mungkin ke arah kiri. Sementara itu, jika ingin berbelok ke kiri, coba arahkan mobil ke kanan. Menggerakkan mobil ke bagian titik terluar jalan sebelum belok memungkinkan Anda untuk belok di lengkungan yang lebar.

3. Ketika Mendekati Tikungan Lambatkan Mobil dan Sentuh Pedal Rem

Apabila menggunakan mobil manual sebaiknya kurangi persneling saat Anda mendekati tikungan tajam. Anda harus mencoba masuk ke tikungan dengan akaselerasi yang tinggi lalu jalankan mobil secara lambat hingga memiliki kendali penuh terhadap mobil. Perlu diingat jika memasuki tikungan tajam teralu cepat, Anda akan sulit mengendalikan kendaraan secara penuh.

4. Visualisasikan Belokan Terlebar yang Bisa Diambil

Tikungan lebar akan memberi kendali yang baik terhadap mobil tanpa harus mengurangi kecepatan. Sebaiknya perhatikan jalan di depan mobil dan visualisasikan tikungan yang diambil dalam lengkungan selebar mungkin. Meski tikungan tajam, usahakan memasukinya dengan lengkungan terlebar agar tidak kehilangan momentum saat belok.

Cara mengemudi mobil di tikungan memang tidak mudah, terlebih bagi Anda yang baru belajar mengemudi. Cara berbelok di tikungan tajam perlu dilakukan secara hati-hati, jangan sampai menabrak mobil di sebelah kiri atau mundur ke belakang.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait