8 Tips Berkendara Mobil Jarak Jauh Aman dan Nyaman

Sebelum melakukan perjalanan, simak beberapa tips berkendara mobil jarak jauh berikut agar perjalanan Anda aman dan nyaman.
Image title
23 Agustus 2021, 18:32
Tim Katadata.co.id melakukan perjalanan menuju Mercusuar Titik Nol, Anyer, Banten, Sabtu, (7/8/2021). Simak 8 tips berkendara mobil jarak jauh agar aman dan nyaman
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Tim Katadata.co.id melakukan perjalanan menuju Mercusuar Titik Nol, Anyer, Banten, Sabtu, (7/8/2021).

Perjalanan jauh menggunakan mobil atau disebut juga road trip merupakan aktivitas yang menyenangkan dan penuh petualangan. Melintasi jalan dengan berbagai pemandangan yang luar biasa dapat membawa kesenangan tersendiri.

Berkendara jauh menggunakan mobil dalam perjalanan panjang dapat terasa menyenangkan pada awalnya. Tetapi, kesenangan tersebut dapat cepat hilang ketika rasa lelah dan tidak nyaman mulai menyerang.

Sebelum berkendara, penting untuk mempersiapkan semua kebutuhan untuk membuat pengalaman perjalanan Anda menyenangkan dan tanpa beban. Untuk membantu mempersiapkan perjalanan Anda, berikut sejumlah tips perjalanan jauh dengan mobil untuk membuat perjalanan lebih aman dan nyaman.

Pemeriksaan Keadaan Mobil

Persiapan awal sebelum perjalanan menggunakan mobil adalah melakukan pemeriksaan keadaan mobil untuk memastikan keamanan kendaraan. Tips mempersiapkan perjalanan jauh sebelum memulai perjalanan adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan untuk memeriksa semua dokumen seperti surat izin mengemudi (SIM) dan buku pemilik kendaraan bermotor (BPKB) serta dokumen asuransi. Periksa juga tanggal kadaluarsanya.
  2. Isi bahan bakar mobil hingga penuh.
  3. Cek tekanan ban dan isi ulang apabila kurang.
  4. Periksa aki mobil  untuk memastikan sambungannya kencang dan bebas korosi.
  5. Periksa cairan mobil, termasuk oli mesin, power steering, dan cairan transmisi dan cairan pembersih kaca depan.
  6. Pastikan semua lampu interior dan eksterior pada mobil berfungsi dengan baik.
  7. Periksa rem mobil, pastikan berfungsi dengan baik.

Barang yang Harus Dibawa saat Berkendara Mobil Jarak Jauh

Setelah menyelesaikan pemeriksaan mobil, langkah selanjutnya adalah memastikan untuk memasukkan barang-barang esensial agar perjalanan tetap aman. Berikut adalah daftar barang-barang yang harus Anda bawa dalam perjalanan panjang.

1. Oli dan air radiator

Membawa beberapa botol oli dan air radiator dapat mengantisipasi kejadian tidak diinginkan di tengah perjalanan. Mesin mobil bisa jadi kehabisan cairan penting ini dan Anda mungkin tidak menemukan tempat penjualannya dengan mudah.

2. Ban ekstra

Salah satu kerusakan paling umum yang bisa dialami siapa pun selama perjalanan jauh adalah ban kempes. Membawa ban ekstra atau ban cadangan yang dipompa (stepney) berguna jika terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

3. Pengukur tekanan udara dan pompa

Tekanan ban harus diperiksa secara teratur selama perjalanan jauh. Mengemudi jarak jauh berdampak pada ban mobil Anda sehingga rentan pecah jika tekanan udara yang pas tidak dipertahankan. Membawa pompa juga dapat berguna untuk lebih menjamin keamanan mobil.

4. Perangkat tambahan

Sebagian besar mobil datang dengan peralatan atau toolkit dasar. Toolkit tersebut umumnya sangat minimalis dan tidak cukup untuk berbagai masalah yang mungkin muncul selama perjalanan panjang. Karena itu, Anda apat membawa peralatan tambahan yang harus mencakup berbagai ukuran obeng, tang, dan selotip hitam ekstra.

Tips Berkendara Mobil Jarak Jauh

Berikut ini merupakan tips berkendara mobil jarak jauh yang dapat Anda terapkan agar perjalanan menjadi aman dan menyenangkan.

1. Buat rencana perjalanan

Anda harus tahu ke mana akan pergi dengan membuat rencana perjalan. Hal tersebut berfungsi untuk memastikan perjalanan menjadi santai dan menyenangkan. Rencanakan rute, mulai dari jalan yang akan diambil hingga menggunakan global positioning system atau GPS.

Ketahui juga di mana Anda dapat berhenti untuk mengisi bahan bakar, makan, salat, dan istirahat yang aman di sepanjang jalan. Pastikan juga jalan yang akan Anda lalui dalam kondisi baik.

Anda juga harus melihat laporan cuaca untuk area yang akan dilalui. Pastikan mobil Anda sudah diisi bahan bakar, diperiksa, dan siap digunakan.

2. Istirahat cukup sebelum berangkat

Kelelahan saat berkendara mobil sangat berbahaya. Jadi, pastikan Anda mendapatkan istirahat cukup sebelum pergi. Jika  berangkat pagi-pagi sekali, pastikan Anda tidur lebih awal dari biasanya untuk mendapatkan tidur yang cukup sebelum perjalanan. Jangan mengonsumsi alkohol atau minuman memabukkan lainnya sehari sebelum berangkat.

3.Istirahat setiap dua jam atau 200 kilometer

Melakukan istirahat setiap dua jam atau 200 kilometer dianjurkan untuk perjalanan jarak jauh. Anda dapat berhenti untuk mengisi bensin, makan, menggunakan kamar mandi atau hanya untuk meregangkan kaki. Istirahat yang cukup sekitar 20 menit akan memberi Anda energi untuk sampai ke pemberhentian berikutnya. Anda disarankan agar tidak mengemudi lebih dari total sepuluh jam dalam satu hari.

4. Berkemudi perlahan dan jaga jarak

Dalam cuaca apa pun, tetap kemudikan mobil secara perlahan dan jaga jarak. Jika jalanan licin, perlu waktu lebih lama untuk mengerem. Jadi, pastikan Anda melaju dengan kecepatan yang memungkinkan Anda mempertahankan stabilitas mobil dan menghindari selip.

Ingat, saat berkendara di jalan tol antar kota, batas kecepatan paling rendah adalah 60 kilometer per jam sampai tertinggi 100 kilometer per jam. Sedangkan saat berkendara di tol dalam kota, kecepatan minimal berkendara adalah 60 kilometer per jam dan kecepatan maksimal berkendara adalah 80 kilometer per jam.

Dalam cuaca berkabut atau basah, tingkatkan jarak Anda lebih jauh dari mobil sekitar dan nyalakan lampu depan demi keselamatan.

5. Mengenakan pakaian yang nyaman

Kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman. Jika perlu, gunakan bantal pada punggung Anda karena daerah punggung rentan sakit saat berkendara jarak jauh. Pastikan untuk mengoleskan tabir surya sebelum berangkat terutama pada lengan dan kaki agar tidak terbakar sinar matahari meskipun berada dalam mobil.

6. Makan ringan dan tetap terhidrasi

Makanan berat atau makanan cepat saji, bukan makanan yang baik saat perjalanan jauh karena membuat Anda merasa kembung dan tidak nyaman. Makanlah makanan ringan yang sehat dengan porsi kecil dan minum air agar Anda tetap terhidrasi.

7. Menghirup udara segar

Meskipun mobil memiliki AC, udara segar sangat penting untuk membuat Anda tetap waspada. Buka jendela sesekali untuk membiarkan udara segar masuk ke dalam mobil.

8. Patuhi peraturan lalu lintas

Berkendara membutuhkan perhatian penuh, terutama saat berkendara jarak jauh. Hindari penggunaan ponsel. Patuhi batas kecepatan, jangan menyalip dengan berbahaya dan pastikan semua orang di dalam mobil sudah menggunakan sabuk pengaman dengan benar.

Terakhir, bersikaplah sopan dan perhatian kepada pengemudi lain dan nikmati perjalanannya.

Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait