Memahami Keuntungan Pemakaian Ban Tubeless

Annisa Fianni Sisma
6 Januari 2023, 20:40
Keuntungan pemakaian ban tubeless adalah
PEXELS
Ilustrasi, motor.

Ban menjadi salah satu bagian motor yang penting diperhatikan. Jenis ban yang cocok menjadi bahan pertimbangan adalah ban tubeless. Oleh karena itu, menarik membahas keuntungan pemakaian ban tubeless.

Ban menjadi bagian yang penting karena bersentuhan langsung dengan kenyamanan dan keamanan pengendara. Pengendara akan memiliki pengalaman berkendara dengan lebih baik, apabila memperhatikan seluruh komponen motor termasuk ban motor yang digunakan.

Untuk itu, ulasan berikut ini dapat menjadi pertimbangan mengapa ban tubeless lebih tepat dipilih untuk kendaraan bermotor daripada ban biasa. Namun, tentu perlu diperhatikan lagi jenis ban yang digunakan pada setiap motor karena masing-masing motor pun memiliki fungsi yang berbeda.

KEUNTUNGAN PEMAKAIAN BAN TUBELESS ADALAH
KEUNTUNGAN PEMAKAIAN BAN TUBELESS ADALAH (PEXELS)
 

Keuntungan Pemakaian Ban Tubeless

Berkaitan dengan keuntungan pemakaian ban tubeless, pada dasarnya terkait keamanan dan kenyamanan. Selain itu, ketika dalam keadaan darurat pun, pengguna masih dapat memperbaiki sesaat kemudian. Berikut ini beberapa keuntungan pemakaian ban tubeless.

1. Tidak Langsung Kempes Saat Tertusuk Benda Tajam

Keuntungan pemakaian ban tubeless adalah salah satunya yakni kemampuannya yang tidak langsung kempes saat tertusuk benda tajam. Hal ini tentu menjadi faktor penting dalam keadaan darurat dan mendukung keamanan pengendara.

Contohnya yakni ketika ban tertusuk benda tajam di malam hari, ban pun dapat bertahan sementara waktu hingga sampai di tempat tambal ban maupun di rumah.

2. Tekanan Udara yang Tersimpan Lebih Awet

Keuntungan pemakaian ban tubeless adalah tekanan udara yang tersimpan lebih awet. Hal ini karena ban tubeless memiliki tambahan lapisan di bagian dalam ban. Bagian dalam ban tubeless itu disebut dengan inner liner.

Ban tubeless juga dianggap memiliki pori-pori yang lebih rapat daripada ban tube type, sehingga ban tidak langsung kempes ketika mengalami kebocoran, tetapi kenyataannya, pori-pori keduanya sama tetapi ban tubeless ada inner liner yang berfungsi mirip dengan ban dalam yakni menahan udara di dalam ban agar tidak keluar.

Ban tubeless dilapisi bead, chafer, ply 1, ply 2, apex, inner liner, cushion rubber, ply 3, ply 4, TUC, dan tread. Lapisan ini akan membuat ban tubeless lebih awet dan itulah keuntungan pemakaian ban tubeless.

3. Daya Tahan Lebih Tinggi

Keuntungan pemakaian ban tubeless adalah adanya daya tahan yang lebih tinggi dan kuat. Hal ini juga menjadi ciri utama pembeda ban tubeless dengan ban biasa. Ban tubeless tidak memerlukan bagian dalam karena memiliki fluid sealant. Fluid sealant ini berfungsi merekatkan bagian yang diduga bocor.

Ketika ada benda tajam seperti paku yang menancap ke ban tubeless, maka cairan itu akan memadatkan bagian yang tertancap sehingga tak bocor. Pengendara pun tidak perlu khawatir ketika ban tertancap benda tajam karena sementara fluid sealant akan memperbaikinya. Jika ingin mencabut paku yang ada di ban, maka pengguna dapat langsung menariknya. Namun, jangan lupa gunakan cairan khusus untuk menutup lubang sementara.

4. Penambalan Memakan Waktu Singkat

Keuntungan pemakaian ban tubeless adalah terkait adanya cairan khusus anti bocor. Cairan ini diperoleh saat membeli ban tubeless. Cairan tersebut menjadi solusi dalam keadaan darurat. Caranya cukup oleskan ke bagian ban yang tertusuk benda tajam dan tunggu hingga mengeras.

Sebagai catatan, penambalan dengan cairan anti bocor tidak membuat ban dapat digunakan terus menerus. Sudah disinggung sebelumnya, penambalan ini hanya dilakukan dalam keadaan darurat hingga menemukan tambal ban terdekat.

KEUNTUNGAN PEMAKAIAN BAN TUBELESS ADALAH
KEUNTUNGAN PEMAKAIAN BAN TUBELESS ADALAH (PEXELS)
 




5. Sulit Bocor

Keuntungan pemakaian ban tubeless adalah sulitnya ban tubeless mengalami kebocoran. Meskipun tertusuk benda tajam saat berkendara, ban tubeless akan lebih aman dan awet. Hal ini karena ban tubeless memang dirancang demikian dan meskipun terindikasi bocor, ban tubeless masih tetap mampu digunakan hingga jarak 200 kilometer. Setelah itu, angin di dalam ban benar-benar hilang dan perlu diperbaiki.

6. Perawatan Sederhana

Keuntungan pemakaian ban tubeles adalah perawatannya yang sederhana. Pemilik kendaraan dengan ban tubeless cukup hanya perlu menjaga tekanan angin agar tidak kempes. Berkaitan dengan kebersihannya, cukup jaga kebersihan ban dan velg agar mencegah kelonggaran yang membuat tekanan angin tidak sempurna. Oleh karena itu, penggunaan ban tubeless semakin diminati banyak orang.

KEUNTUNGAN PEMAKAIAN BAN TUBELESS ADALAH
KEUNTUNGAN PEMAKAIAN BAN TUBELESS ADALAH (PEXELS)
 

7. Manuver Motor yang Lebih Baik

Keuntungan pemakaian ban tubeless adalah tak terlepas dari pengalaman berkendara yang lebih nyaman. Ban tubeless membuat pengalaman berkendara menjadi lebih baik karena bentuk ban yang lebih solid dengan daya cengkram yang kuat.

Dengan cengkraman yang kuat, berkendara pun semakin lebih nyaman dan keamanan pun semakin terjamin. Pengendara tak perlu khawatir terpeleset di jalanan yang sedikit basah terkena hujan.

Demikian 7 keunggulan pemakaian ban tubeless. Selanjutnya dapat diketahui keuntungan pemakaian ban tubeless adalah prioritas bagi pengguna. Pasalnya, aspek keamanan, kenyamanan, perawatan yang sederhana, perbaikan yang cepat dan daya tahan pun menjadi faktor utama pemilihan ban tubeless.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait