Memahami Cara Belajar Mobil Matic untuk Pemula

Image title
8 Januari 2023, 17:31
Cara Belajar Mobil Matic
Unsplash
Cara Belajar Mobil Matic

Cara belajar mobil matic dianggap lebih mudah daripada mobil dengan transmisi manual. Namun bukan berarti mengendarai mobil matic tidak membutuhkan keahlian. Terkait cara mengendarai mobil matic ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan

Menyetir mobil merupakan keterampilan yang membutuhkan konsentrasi dan visual motorik yang baik. Konsentrasi diperlukan untuk memperhatikan lalu lintas, mengatur kecepatan kendaraan dan mengelola pengaturan kopling dan persneling yang disesuaikan dengan kondisi jalan.

Cara Belajar Mobil Matic untuk pemula

Cara Belajar Mobil Matic untuk Pemula
Cara Belajar Mobil Matic untuk Pemula (Unsplash)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Melansir dari beberapa sumber, salah satunya Daihatsu.co.id, berikut panduan lengkap seputar cara belajar mobil matic dengan mudah dan benar bagi pemula:

1. Pastikan Tuas Berada Pada Posisi Parkir atau "P"

Sebelum menyalakan mobil matic, pastikan tuas ada di posisi P atau bisa juga N. Pastikan juga tuas tidak sedang berada di posisi R atau reverse yang artinya mundur. Sebab mobil matic hanya bisa dihidupkan jika posisi tuas berada di N atau P. Adapun berikut macam-macam tuas transmisi selengkapnya:

  • Tuas P atau Park merupakan posisi yang digunakan ketika mobil parkir. 
  • Tuas R atau Reverse merupakan posisi yang digunakan saat mobil mundur. 
  • Tuas N atau Neutral merupakan gigi yang digunakan saat mobil berhenti sebentar, pengemudi tetap berada di belakang kemudi dan mesin dalam keadaan hidup. 
  • Tuas D atau Drive merupakan gigi maju yang menggunakan seluruh perbandingan gigi yang tersedia 1-4.
  • Tuas 3 atau D3 artinya gigi maju yang beroperasi dengan perbandingan gigi transmisi 1-3.
  • Tuas 2 artinya gigi maju yang beroperasi menggunakan perbandingan transmisi 1-2.
  • Tuas 1 atau L (Low) merupakan gigi paling rendah, tidak ada perpindahan gigi yang biasa dipakai saat melewati tanjakan curam. 

2. Posisi Kaki

Anda bisa menggunakan satu kaki kanan untuk mengontrol pedal gas dan rem pada mobil matic. Sedangkan posisi kaki kiri bisa ditaruh di foot rest yang berada di sisi pojok kiri.

3. Jangan Langsung Menghidupkan Mesin

Ketika memasukan kunci ke dalam lubang, jangan langsung menyalakan mesin. Pastikan tunggu hingga jarum berputar dan indikator sudah aktif atau menyala. Dalam beberapa jenis mobil matic untuk memberi tahu indicator dan kelistrikan sudah menyala biasanya mobil memberikan suara.

4. Menginjak Pedal Rem saat Melakukan Starter

Cara belajar mobil matic untuk pemula selanjutnya dengan menginjak pedal rem saat melakukan starter. Untuk beberapa mobil matic tertentu, mesin mobil tidak akan ada di posisi hidup jika Anda tidak menginjak dan menekan bagian pedal rem. Ketika starter mobil sebaiknya langsung menginjak rem.

5. Cara Memajukan Mobil Matic

Cara Memajukan Mobil Matic
Cara Memajukan Mobil Matic (Pinhome.id)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Memajukan mobil matic yaitu dengan menginjak pedal rem lalu geser tuas transmisi ke posisi D. Tunggu 1-1,5 detik untuk memastikan engagement gigi transmisi terjadi secara sempurna. Selepas itu, injakan pedal rem diangkat pelan-pelan, mobil akan bergerak perlahan. Setelah mobil melaju, pindahkan kaki ke pedal gas dan injak untuk meningkatkan kecepatan.

6. Cara Memundurkan Mobil

Untuk memundurkan mobil dari tuas P, kaki kanan silahkan menginjak pedal rem lalu geser tuas ke posisi R. Jika dari posisi D, pastikan mobil sudah berhenti dengan sempurna. Setelah berhasil berhenti sempurna, tunggu 1-1,5 detik, baru geser tuas transmisi dari D ke posisi R.

7. Cara Berhenti di Kemacetan

Ketika berhenti di kemacetan lalu lintas, ada dua pilihan yang bisa dipilih, pertama berhenti sebentar dengan posisi tuas berada di D sambil kaki menekan pedal rem. Namun jika berhenti lama, geser tuas ke posisi N dan tarik rem parkir (rem tangan) agar mobil tidak bergerak.

Saat memindahkan lagi ke posisi D silahkan injak dulu pedal rem baru menggeser tuas transmisi. Setelah itu, injakan kaki di pedal rem angkat secara perlahan maka mobil akan bergerak perlahan.

8. Melewati Tanjakan

Sebaiknya gunakan gigi rendah 2 atau 1 (L) saat melewati tanjakan. Jika melewati tanjakan dengan tuas D dan tenaga mesin mobil perlahan berkurang, Anda bisa menggeser tuas ke posisi D3 atau 3. Jika tenaga masih kurang, geser tuas dari D3 ke 2. Jika masih kurang, geser lagi dari 2 ke 2 atau L.

9. Menekan Pedal Rem Ketika Memindahkan Tuas

Jika mesin sudah menyala, pindahkan tuas semula yang berada di posisi P atau N ke posisi R atau D. Namun saat Anda memindahkan tuas pada persneling, sebaiknya dibarengi dengan menekan pedal bagian rem untuk mencegah risiko kerusakan pada mesin mobil matic.

10. Menggunakan Mode Berkendara

Kini beragam mobil matic sudah dilengkapi dengan riding mode, Anda bisa memilih mode yang sesuai salah satunya mode ekonomis. Mode ini cocok digunakan oleh Anda yang ingin berkendara dengan mode santai. Adapun untuk kecepatan lebih tinggi bisa menggunakan mode sport untuk membuat performa mesin mobil jadi lebih maksimal.

11. Menggunakan Transmisi Manual

Pada umumnya mobil matic dilengkapi dengan mode manual. Cara belajar mobil matic cukup mudah karena Anda tidak perlu melakukan perpindahan gigi saat menginjak kopling. Cara mengoperasikannya dengan memindahkan posisi tuas transmisi pada mode manual yang disimbolkan M.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait