Cara Ikut Program Magenta, Magang Generasi Bertalenta BUMN

Cara ikut program Magenta BUMN tidak sulit, Anda hanya perlu mengisi data yang diperlukan dan pastikan sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan.
Image title
17 Januari 2023, 13:28
Cara Ikut Program Magenta
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, gedung Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Cara ikut program Magenta atau "Magang Generasi Bertalenta" penting diketahui agar tidak ada hal-hal yang terlewatkan. Program magang bisa diikuti oleh mahasiswa dan fresh graduate yang berminat mendaftar selama periode 16-22 Januari 2023.

Program terpadu magang ini resmi dibuka untuk mengaktualisasikan ilmu yang diperoleh selama perkuliahan atau sekolah agar merasakan langsung pengalaman kerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Program Magenta telah resmi diumumkan oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) yang berkolaborasi dengan Kementerian BUMN.

Bagi Anda yang tertarik ikut program Magenta BUMN, bisa langsung mengakses informasi lebih lanjut dan melakukan pendaftaran di situs resmi magenta.fhcibumn.com. Silahkan cek informasinya secara berkala jika situs website masih down.

Benefit Mengikuti Program Magenta

Untuk apa Program Magenta
Untuk apa Program Magenta (Kaltim.tribunnews.com)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sebelum mengetahui cara ikut program Magenta, ketahui terlebih dahulu untuk apa ikut program Magenta? Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan program Magenta merupakan upaya untuk membuka ruang bagi generasi muda dalam mempersiapkan diri menghadapi tantangan pembangunan ke depan.

Dengan begitu, mahasiswa atau fresh garudate memiliki bekal skill dan hard skill untuk masuk ke dunia kerja. Tidak hanya itu, peserta Magenta yang memiliki performa bagus selama magang akan mendapat surat rekomendasi saat BUMN melakukan rekrutmen karyawan.

Melansir dari situs resmi Magenta sebagai informasi tambahan, program Magenta BUMN memliki empat program di antaranya sebagai berikut:

  • Magang Umum: Program yang terintegrasi dan bentuk enchancement dari magang-magang. Untuk durasi program Magang Umum mulai dari 1-12 bulan, bisa diikuti oleh siswa dan mahasiswa aktif, termasuk fresh graduate.
  • Kampus Merdeka BUMN: Program ini membuka kesempatan magang di perusahaan BUMN bagi mahasiswa D3 minimal semester 5 dan semester 7 untuk S1
  • Magang Santri: Program yang ditujukan untuk mahasiswa atau santri yang berstatus aktif dengan syarat minimal semester 5 untuk diploma dan mahasiswa S1 semester 7 dari Universitas Islam atau pesantren setingkat.
  • Indonesia Global Talent Internship: Ini merupakan program magang terbuka untuk mahasiswa aktif jenjang S2 atau S3 mancanegara. Khusus untuk program ini bisa masuk langsung ke lingkungan kerja BUMN dan berkontribusi langsung di proyek atau riset di area strategis BUMN.

Tidak hanya mendapatkan peluang mengembangkan soft skill dan hard skill, Anda bisa mendapatkan sertifikat eksklusif yang ditandatangani oleh Menteri BUMN dan Ketua Umum FHCI. Sementara itu, ketua Umum FHCI yaitu Alexandra Askandar menyinggung pentingnya transformasi Sumber Daya Manusia sebagai prioritas utama dalam pembangunan bangsa.

Syarat Program Magang Magenta

Setelah proses pendaftaran, selanjutnya seleksi dan pengumuman akan dilaksanakan pada tanggal 23-27 Januari Tahun 2023. Adapun berikut persyaratannya:

  1. Mengikuti proses pendaftaran 16 Januari – 22 Januari 2023
  2. Laki-laki dan perempuan minimal lulusan D3/S1, SMA atau sederajat dan mahasiswa aktif
  3. Fresh graduate atau lulusan baru lebih diutamakan
  4. Bebas narkoba, berkelakuan baik dan sehat jasmani maupun rohani
  5. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia

Perlu diketahui, program Magenta dikhususkan untuk mereka yang memiliki pendidikan minimal sebagai berikut:

  • SMA atau sederajat
  • Masih berstatus mahasiswa
  • Mahasiswa lulusan baru atau fresh graduate
  • Mahasiswa lulusan D4 atau S1

Dari informasi di atas, Anda telah mengetahui bahwa syarat untuk mengikuti program Magenta minimal SMA atau sederajat, berstatus mahasiswa, lulusan baru atau fresh graduate dan mahasiswa lulusan D4 atau S1. Tidak hanya itu, peserta umumnya berasal dari jurusan yang linear dengan keterampilan atau bidang tertentu yang ada di BUMN.

Cara Mengikuti Program Magenta BUMN

Kementerian BUMN
Kementerian BUMN (Thephrase.id)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jika Anda telah memenuhi syarat ikut program magang Magenta, adapun berikut cara ikut program Magenta:

  • Mengunjungi situs resmi Magenta di Magenta.fhcibumn.com
  • Mengisi data yang diperlukan dengan klik “Lihat Profil” dan mengisi seluruh kelengkapan data di menu “Data Pribadi”, “Informasi Akademik” dan “Kelengkapan Data Pemagang”
  • Setelah mengisi data, silahkan cari lowongan magang yang diinginkan dengan klik menu “Lowongan Magang” lalu pilih lowongan Magenta yang sesuai dengan jurusan, kemudian klik “Daftar Magang”

Demikianlah pembahasan mengenai cara ikut program Magenta. Pada dasarnya, mengikuti program ini tidak berbeda jauh dengan mendaftar rekrutmen BUMN. Anda harus membuat akun terlebih dahulu di situs resmi magenta.fhcibumn.com, baru setelah itu mencari lowongan yang tersedia dan sesuaikan dengan jurusan.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait