Menilik Ragam Manfaat Energi Angin untuk Kehidupan

Annisa Fianni Sisma
24 Januari 2023, 21:24
Manfaat Energi Angin
Pexels
Ilustrasi, pembangkit listrik tenaga angin.

Energi alternatif salah satunya adalah energi angin. Energi angin termasuk energi terbarukan yakni energi yang dapat diperbaharui. Berkaitan dengan itu, tentu menarik membahas manfaat energi angin.

Angin adalah gerakan udara secara horizontal atau sejajar dengan permukaan bumi. Pergerakannya dapat mempengarui wilayah yang dilewatinya seperti musim, atau bencana alam lainnya.

Energi lain yang termasuk energi terbarukan adalah energi matahari, panas bumi, biomassa, dan lain sebagainya. Energi ini tidak akan habis sehingga menjadi alternatif agar energi yang tidak dapat diperbaharui tidak cepat habis.

Energi angin dihasilkan oleh gaya angin yang ada di pemrukaan bumi. Untuk mengetahui beragam manfaat energi angin, simak ulasan lengkap berikut ini.

Manfaat Energi Angin dalam Kehidupan Sehari-Hari

Manfaat Energi Angin
Manfaat Energi Angin (Pexels)
 

Manfaat energi angin dapat meliputi berbagai bidang di kehidupan sehari-hari. Contohnya yakni pembangkit listrik, kincir angin, dan lain sebagainya. Berikut ini ulasan lengkap masing-masing manfaat energi angin.

1. Pembangkit Listrik

Manfaat energi angin yang pertama adalah untuk pembangkit listrik. Pemanfaatan energi angin untuk listrik ini menggunakan bantuan kincir angin.

Pemanfaatan dengan mekanisme ini sudah dilakukan sejak abad ke-7 sebelum masehi oleh masyarakat Persia. Hingga kini, beberapa negara semakin menggunakan kincir angin untuk membangkitkan listrik.

Cara kerja energi angin untuk membangkitkan listrik adalah dengan adanya turbin angin atau kombinasi antara turbin angin dengan kincir angin. Kemudian angin dapat menghasilkan pergerakan yang memicu tenaga listrik.

Selanjutnya tenaga listrik pun mampu membantu menyalakan lampu, dan lain sebagainya. Tentu saja ini berdampak baik pada kehidupan sehari-hari karena listrik telah menjadi kebutuhan pokok masyarakat.

2. Membantu Pekerjaan Petani Garam

Manfaat energi angin berikutnya adalah dalam proses pertanian garam. Indonesia menjadi negara dengan impor garam sangat banyak padahal petani garam di Indonesia juga sangat banyak.

Petani garam dengan bantuan angin dapat membuat air laut naik ke daratan. Kemudian, air laut tersebut pun dapat dipanen menjadi garam.

Daerah di Indonesia yang menggunakan angin untuk pertanian garam contohnya seperti Jepara, Demak, dan Pati. Pada umumnya, kincir angin akan berperan pula dalam proses ini.

3. Membantu Pekerjaan Nelayan

Selain dapat menjadi energi dalam pembangkit listrik tenaga angin, angin juga membantu pekerjaan nelayan. Pasalnya, angin juga mendukung kegiatan nelayan saat melaut dengan membuat pergerakan perahu lebih mudah ke titik yang diinginkan.

Angin yang kencang membuat nelayan tak perlu bersusah payah dalam mendayung perahu. Selain hemat tenaga, waktu yang dibutuhkan juga lebih singkat.

4. Penyerbukan Tanaman

Penyerbukan tanaman dapat dibantu dengan angin. Oleh sebab itulah salah satu manfaat energi angin berikutnya adalah penyerbukan tanaman.

Tanaman yang pembuahan generatifnya memerlukan bantuan angin tentu mempermudah para petani untuk memiliki ladang yang subur dan tanamannya tumbuh dengan baik. Tanaman melakukan penyerbukan

5. Membantu Penerbangan Pesawat

Manfaat energi angin untuk kehidupan sehari-hari berikutnya adalah dalam dunia penerbangan. Pesawat sangat memerlukan angin untuk terbang dengan baik.

Ketika take off atau lepas landas hingga mendarat, pesawat membutuhkan angin untuk dapat melakukannya dengan baik. Tak hanya itu, selama mengudara pesawat juga memerlukan energi angin. Selain untuk menyeimbangkan pesawat, angin juga dapat menghemat bahan bakar untuk membantu pergerakannya.

Angin yang berada di ketinggian berhembus dengan kencang. Angin pun dapat mendorong pesawat sehingga penerbangan lancar.

Manfaat Energi Angin
Manfaat Energi Angin (Pexels)
 

6. Olahraga Paralayang

Manfaat energi angin berikutnya adalah untuk kegiatan olahraga tertentu. Olahraga tersebut beberapa diantaranya yakni terjun payung, paralayang, dan lain sebagainya.

Angin dapat membantu menentukan arah pergerakan paralayang, sehingga dapat terjun ke lokasi yang diharapkan. Kekuatan angin sangat berpengaruh dalam olahraga ini, sehingga perlu diperhatikan terkait keamanan dan keselamatan olahragawan.

Contoh olahraga yang menggunakan angin sebagai faktor pendukung utamanya yakni terjun payung, gantole, paragliding, dan lain sebagainya.

7. Mendinginkan Mesin

Manfaat energi angin berikutnya adalah untuk mendinginkan mesin. Mesin yang digunakan pasti terasa panas karena menggunakan energi listrik yang banyak.

Kemudian, pada bagian sisi mesin pasti terdapat bentuk seperti sirip dan berlubang. Celah tersebut digunakan untuk mendinginkan mesin tersebut agar tidak cepat rusak.

8. Menentukan Musim

Manfaat energi angin juga dapat membantu menentukan atau memprediksi musim. Angin muson barat yang mengalir dari Asia ke Australia mengandung curah hujan yang tinggi. Oleh karena itulah, negara yang dilewatinya cenderung mengalami musim hujan.

Itulah beberapa manfaat energi angin dalam kehidupan manusia. Selanjutnya dapat diketahui angin memiliki peran yang penting bagi manusia dan makhluk hidup lainnya untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.

Namun, perlu diketahui pula terdapat angin yang bersifat merugikan. Angin tersebut adalah angin putting beliung dan angin topan. Pasalnya, kedua angin ini dapat merusak infrastruktur seperti jembatan, bangunan, rumah, dan lain sebagainya.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait