Tulang Jari Kaki Fungsinya untuk Penyeimbang Tubuh, Ini Penjelasannya

Salah satu tulang yang berperan penting dalam tubuh adalah tulang jari kaki. Sebab, tulang jari kaki fungsinya untuk menyeimbangkan tubuh. Berikut penjelasan lengkapnya.
Annisa Fianni Sisma
25 Januari 2023, 16:45
Tulang Jari Kaki Fungsinya
Pexels
Ilustrasi, tulang jari kaki.

Tulang jari kaki merupakan salah satu bagian yang membantu kaki dalam beraktivitas sehari-hari. Tulang jari kaki fungsinya membuat tubuh tetap seimbang dan tidak jatuh. Berkenaan dengan hal itu tentu menarik memahami tulang jari kaki.

Tulang jari kaki atau yang disebut phalanges merupakan bagian lain dari tulang pada kaki. Tulang kaki lainnya adalah calcaneus, metatarsal phalangeal joints, dan talus, metatarsal bones.

Setiap kaki manusia yang normal terdapat 14 tulang phalanges pada jari kakinya. Setiap jari kaki memiliki tiga tulang falang. Ketiga tulang tersebut adalah proximal, middle, dan distal.  Pada jempol hanya ada dua falang, yakni proximal dan distal. Setiap tulang ini saling terhubung dan memiliki fungsi yang sangat baik untuk tubuh.

Pembahasan terkait fungsi tulang jari kaki menjadi menarik karena merupakan bagian krusial dalam kehidupan sehari-hari. Berkaitan dengan itu berikut ulasan mengenai fungsi tulang jari kaki.

Fungsi Tulang Jari Kaki dalam Kehidupan Sehari-Hari

Tulang Jari Kaki Fungsinya
Tulang Jari Kaki Fungsinya (Pexels)
 

Fungsi jari kaki memang untuk menjaga keseimbangan tubuh. Dalam kegiatan sehari-hari, aktivitas ini tentu diperlukan, baik untuk bekerja, olahraga, dan lain sebagainya. Untuk memahami fungsi tulang jari kaki tersebut, simak ulasan masing-masing fungsi tersebut.

1. Penumpu Berat Badan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya tulang jari kaki fungsinya menyeimbangkan tubuh. Kondisi yang tepat untuk merasakan fungsi ini adalah ketika seseorang berdiri satu kaki dan jari akan berusaha mempertahankan keseimbangan tubuh.

Selain itu, kondisi yang membuktikan peran nyata jari kaki adalah ketika jari kaki cedera, maka cara berjalan pun berbeda pada kondisi normal. Pasalnya, perannya sangat penting untuk membuat aktivitas sehari-hari lancar.

2. Penyeimbang Saat Berjalan

Tulang jari kaki fungsinya yang berikutnya adalah penyeimbang saat berjalan. Ketika berjalan, tubuh akan bergerak dan jika tidak seimbang maka tubuh akan jatuh. Jari akan menyeimbangkan tubuh saat sedang berjalan maupun berlari.

3. Memberikan Fleksibilitas

Tulang jari kaki fungsinya selain yang ada pada ulasan sebelumnya yakni memberikan fleksibilitas. Tulang jari kaki yang memiliki banyak ruas ini akan memberikan kemudahan dalam beradaptasi dengan permukaan tanah. Mekanisme ini mempercepat seseorang menyadari dan lebih mudah terhindar dari cedera.

Gangguan Tulang Jari Kaki yang Mengurangi Fungsinya

Tulang Jari Kaki Fungsinya
Tulang Jari Kaki Fungsinya (Pexels)
 

Jari kaki yang kecil ternyata memiliki segudang manfaat yang perlu dijaga dengan baik. Pasalnya, jika tidak, kegiatan sehari-hari pun akan terganggu. Kebanyakan orang kurang memperhatikan bahwa tulang jari kaki justru kerap rentan terhadap ancaman yang dapat mengurangi perannya. Contohnya yakni saat cedera, tertimpa benda berat, dan lain sebagainya.

Selain itu, tulang jari kaki juga dapat patah jika terkena benturan yang terlalu keras. Tulang jari kaki yang mengalami osteoporosis juga dapat menjadi lebih lemah. Oleh sebab itu, perlu mengonsumsi vitamin d untuk mencegahnya.

Gejala yang terasa jika jari kaki mengalami gangguan adalah adanya rasa bengkak, nyeri, perubahan bentuk, dan sulit berjalan. Pengobatan mandiri dapat dilakukan jika gangguan tidak terlalu parah.

Jika kaki terluka karena luka, maka cukup oleskan obat luka setelah membersihkannya. Kemudian, jika kaki mengalami memar, rendam kaki dalam air dingin selama 20 menit.

Namun, jika penderita mengalami mallet toe atau saat persendian di tengah jari kaki bengkok permanen hingga ke bawah, maka harus segera diperiksakan. Mallet toe dapat disebabkan karena pemakaian sepatu yang tidak pas atau trauma.

Cara Menjaga Kesehatan Tulang Jari Kaki

Meskipun banyak bahaya yang dapat membuat jari kaki tidak berfungsi dengan baik, tak perlu khawatir. Pasalnya, terdapat pula cara menjaga kesehatan tulang jari kaki dengan mudah. Berikut ini beberapa cara mudah yang dapat diterapkan.

  1. Kenakan sepatu dengan ukuran yang sesuai dan nyaman.
  2. Hindari melakukan aktivitas yang membahayakan jari kaki sebelum menggunakan pengaman.
  3. Melakukan olahraga secara rutin.
  4. Menggunakan kaos kaki agar kaki tidak mudah lecet atau cedera dan membuat kaki lebih nyaman.
  5. Lakukan pemanasan sebelum berolahraga.
  6. Lakukan pendinginan setelah berolahraga.
  7. Lakukan peregangan jari kaki setelah melakukan aktivitas bertumpu pada kaki.
  8. Rawat jari kaki dengan kerap membersihkannya agar tidak terjangkiti oleh jamur kuku.
  9. Mengoleskan pelembab jika diperlukan.
  10. Melakukan peregangan jika tidak sempat berolahraga.
  11. Menggunakan obat tertentu jika diperlukan dalam merawat jari kaki.
  12. Mengonsumsi vitamin D dan makanan yang kaya akan kalsium.
  13. Minum susu untuk mencegah osteoporosis.
  14. Rutin memeriksakan kesehatan ke dokter.
  15. Memotong kuku dengan hati-hati dan berkala.
  16. Menggunakan alas kaki berupa sandal.
  17. Jaga agar kaki tidak terkena benda tumpul maupun tajam yang dapat membuatnya cedera.

Demikian penjelasan terkait tulang jari kaki fungsinya menyeimbangkan badan saat berjalan maupun berlari. Ada pula cara menjaga kesehatan tulang jari kaki agar terhindar dari beragam masalah kesehatan tulang jari kaki.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait