Karakteristik dan Fungsi Tulang Hasta pada Tubuh Manusia

Fungsi tulang hasta paling utama yaitu membantu rotasi. Sehingga pergelangan dan tangan memiliki jangkauan gerak yang lebih leluasa.
Image title
28 Maret 2022, 19:31
Ilustrasi, tulang hasta. Fungsi tulang hasta paling utamanya salah satunya yaitu memungkinkan tangan bergerak bebas dan meningkatkan rotasinya.
devianart.com
Ilustrasi, tulang hasta. Fungsi tulang hasta paling utamanya salah satunya yaitu memungkinkan tangan bergerak bebas dan meningkatkan rotasinya.

Dalam sistem anatomi tubuh manusia, tulang memiliki peranan penting. Ini pun berlaku pada fungsi tulang hasta yang berperan menghubungkan pergelangan tangan dengan lengan atas.

Sama seperti tulang lainnya, fungsi tulang hasta tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Sebab, keberadaan tulang ini pada sistem kerangka tubuh manusia sangatlah penting.

Untuk mengetahui apa itu tulang hasta dan fungsi tulang hasta pada tubuh manusia, berikut pembahasan lengkapnya.

Apa Itu Tulang Hasta?

Dalam bahasa Inggris, tulang hasta disebut "ulna". Tulang ini salah satu dari dua tulang yang memberi struktur pada lengan bawah. 

Advertisement

Menurut Healthline, tulang hasta terletak di sisi berlawanan dari lengan bawah dari ibu jari. Tulang tersebut terhubung dengan humerus di ujungnya yang lebih besar untuk membuat sendi siku, dan bergabung dengan tulang karpal tangan di ujungnya yang lebih kecil.

Fungsi tulang hasta sebenarnya sama saja dengan tulang lainnya pada tubuh manusia. Mengingat letaknya berada di pergelangan tangan, tulang hasta berperan untuk mendukung fungsi dari bagian tersebut.

Dijelaskan dalam situs Mayoclinic.org, pada bagian lengan terdapat tiga struktur tulang yang menjadi pembentuknya. Pertama adalah tulang lengan atas atau humerus, dan dua tulang lainnya adalah tulang lengan bawah (hasta dan radius). Saat seseorang mengalami patah tulang, cidera ini akan merujuk pada pada patah tulang di salah satu tulang tersebut.

Sebagai tulang lengan bawah, fungsi tulang hasta paling utamanya salah satunya yaitu memungkinkan tangan bergerak bebas dan meningkatkan rotasinya. Tulang ini sangat rawan cidera akibat aktivitas fisik berat atau semacamnya.

Karakteristik Tulang Hasta

Dilansir dari Verrywell Health, fungsi tulang hasta dalam kaitannya dengan jari-jari, memungkinkan manusia memiliki jangkauan gerak yang lebih luas di lengan bawah dibandingkan dengan mamalia lain.

Tulang hasta membentuk bagia lengan bawah. Ujung atasnya bertemu dengan ujung tulang humerus serta satu sisi jari. Ukurannya cukup panjang tetapi teksturnya lebih tipis. Tulang ini seringkali lebih mudah retak akibat aktivitas fisik berat.

Dalam tubuh manusia, terdapat 4 macam tulang. Untuk tulang hasta, tulang tersebut masuk ke dalam kelompok tulang panjang atau tulang pipa. Tulang pipa merupakan jenis tulang yang bentuknya mirip tabung atau pipa. 

Tulang hasta sebenarnya mempunyai struktur padat dan cukup keras. Fungsi tulang hasta yakni menjadi fondasi dan tumpuan dari berbagai gerakan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tulang hasta terhubung dengan bagian tulang lainnya. 

Bagian atas hasta membentuk tonjolan berbentuk C, yang terdiri dari takik radial dan takik troklear. Takik radial adalah titik di mana jari-jari bergabung dengan ulna. Kedua struktur ini bertumpu pada satu sama lain dan bergabung untuk membentuk lengan bawah.

Selain itu, struktur tersebut membuat fungsi tulang hasta dapat berjalan dengan baik. Takik ini memungkinkan jari-jari bergerak dengan lancar dan bebas.

Dilansir dari Kenhub.com, tulang hasta sendiri adalah tulang panjang yang membantu menstabilkan daerah antebrachial dari sisi medial lengan bawah. Ujung proksimalnya terdiri dari beberapa tanda tulang. Untuk lebih jelasnya, berikut rinciannya:

  • Olecranon : Prosesus berbentuk kait, terletak pada aspek posterior ujung ulnaris proksimal.
  • Takik troklear : Takik berbentuk C, terletak di anterior olekranon. Ini berartikulasi dengan trochlea humerus di sendi siku.
  • Prosesus koronoideus
  • Takik radial : Sisi artikular dari sendi radioulnar yang dapat ditemukan pada aspek lateral kepalanya.

Fungsi Tulang Hasta

Masih menurut Verrywell Health, fungsi tulang hasta paling utama yaitu membantu rotasi. Sehingga pergelangan dan tangan memiliki jangkauan gerak yang lebih leluasa.

Fungsi tulang hasta ini juga memudahkan gerakan sendi, khususnya siku. Perlu diketahui, satu-satunya gerakan sendi siku adalah fleksi dan ekstensi, atau dikenal sebagai menekuk dan meluruskan lengan. 

Fungsi tulang hasta dan tulang lengan bawah lainnya memungkinkan peningkatan gerakan pergelangan tangan, dan tangan tanpa mengandalkan gerakan apa pun dari sendi siku.

Dikutip dari SehatQ.com, fungsi tulang hasta lainnya tidak hanya mendukung persendian pada siku. Paling utamanya yaitu membentuk struktur lengan bawah, dan menjadi tempat menempelnya otot.

Itulah pembahasan tentang tulang hasta dan fungsi tulang hasta. Sebagai pembentuk lengan bawah, tulang ini memudahkan tangan manusia untuk bergerak dengan leluasa.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait