Pra-KTT Y20 Bahas Peningkatan Kesadaran Keuangan Digital Anak Muda

Desy Setyowati
24 April 2022, 11:05
y20, ktt y20, ktt y20 indonesia, anak muda. literasi keuangan digital
Y20 Indonesia
Acara Pra-KTT Y20 Indonesia 2022

Indonesia resmi membuka Pra-KTT kedua Youth 20 (Y20) Indonesia 2022 di Lombok, pada Sabtu (23/4). Pertemuan ini membahas transformasi digital, terutama peningkatan kesadaran anak muda terhadap keuangan digital.

Layanan keuangan digital dinilai tumbuh pesat saat pandemi Covid-19. Namun, masih banyak masyarakat khususnya di negara berkembang yang masih mengandalkan uang tunai (cash).

Akses internet dan literasi keuangan digital menjadi tantangan dalam mendorong adopsi layanan keuangan digital. Survei Y20 Indonesia dan Cint menunjukkan, 61% anak muda di G20 kesulitan mengakses internet, termasuk koneksi yang tidak stabil dan lambat.

Oleh karena itu, hari pertama Pra-KTT Y20 mengangkat tema ‘Reaping the Benefits of Digital Transformation: Raising Youth Digital Financial Awareness’. Forum ini menyoroti kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kesadaran keuangan digital di kalangan generasi muda.

“Kemajuan teknologi digital berdampak pada generasi muda. Tetapi sejumlah kerangka kerja publik masih ambigu. Intervensi pemerintah khususnya di negara G20 perlu menjadi contoh," kata Co-Chair Y20 Indonesia 2022 Budy Sugandi dalam keterangan pers, Sabtu malam (23/4).

"Suara anak muda adalah suara masa kini dan masa depan. Apa yang kita hasilkan hari ini dan esok tidak hanya mewakilkan suara anak muda di Indonesia atau di negara G20, tetapi anak muda di seluruh dunia," tambah dia.

Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, literasi layanan keuangan digital di kalangan milenial masih menjadi tantangan besar bagi Indonesia. Jika tidak diimbangi peningkatan literasi, maraknya perkembangan layanan keuangan digital justru akan berdampak negatif.

Oleh karena itu, Kemenpora berfokus mendorong generasi muda meningkatkan rasa ingin tahu dan minat baca mengenai keuangan digital.

Sedangkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengajak anak muda memainkan peran aktif sebagai agent of change di tengah disrupsi digital. Pemerintah pun melakukan sejumlah upaya untuk mendorong transformasi digital lewat pembangunan konektivitas WiFi di desa.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...