Sambut G20, PUPR Targetkan Terminal VVIP Ngurah Rai Rampung Bulan Ini

Andi M. Arief
10 September 2022, 08:39
G20, KTT G20, bandara, Bandara Ngurah Rai
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Ilustrasi, sejumlah pesawat udara berada di apron dan landasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Selasa (17/12/2019).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan beberapa infrastruktur pendukung konferensi tingkat tinggi atau KTT G20 rampung bulan ini. Infrastruktur tersebut ditujukan untuk melayani Kepala Negara dari negara peserta KTT G20.

Untuk infrastruktur bandara misalnya, Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Bali menyatakan, konstruksi Terminal VVIP Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai ditargetkan rampung bulan ini.

Pengerjaan terminal tersebut telah dimulai sejak Maret 2022 dan kini memasuki tahap akhir, dengan progres konstruksi telah mencapai 99,9%.

"Terminal ini difungsikan untuk kunjungan kerja presiden atau kunjungan negara oleh presiden. Jadi, hanya untuk kepala negara," kata Pejabat Pembuat Komitmen BPPW Bali Kementerian PUPR Agus Very Sutra Ariwijaya di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Jumat (9/9).

Ia menjelaskan, terminal VVIP tersebut lebih besar daripada terminal VIP eksisting saat ini. Luas bangunan terminal VVIP adalah 1.400 meter persegi (m2). Sementara, luas bangunan terminal VIP hanya 1.000 m2.

Dengan demikian, Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai dapat menampung hingga sekitar 40 Kepala Negara pada penyelenggaraan G20. Sebagai informasi, total Kepala Negara yang akan berkunjung saat KTT G20 adalah sekitar 39 orang.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...