Pos Indonesia Percepat Adopsi Industri Hijau dalam Lini Logistik

Image title
10 September 2022, 14:47
Pos Indonesia, kendaraan listrik, industri hijau
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ilustrasi, PT Pos Indonesia.

PT Pos Indonesia berkomitmen mempercepat adopsi prinsip industri hijau (green industry) dalam menjalankan bisnis logistik. Salah satu upaya yang dilakukan untuk menjalankan komitmen tersebut, adalah melalui pemanfaatan kendaraan listrik dan energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Dikutip dari Antara, Sabtu (10/9), Direktur Bisnis Kurir dan Logistik Pos Indonesia Siti Choiriana mengatakan, pemanfaatan energi bersih dan kendaraan listrik dilakukan agar perusahaan memiliki daya saing di kancah nasional maupun global.

"Ketahanan energi saat ini telah menjadi konsep seluruh negara di dunia dengan mengkonversikan energi fosil ke energi terbarukan. Pos Indonesia sebagai bagian dari BUMN harus menunjukkan bahwa itu juga menjadi prioritas, karena kami juga berpikir ke sana," kata Choiriana.

Ia menjelaskan, saat ini perusahaan telah memiliki lebih dari 300 unit sepeda motor listrik dan lebih dari 10 unit mobil listrik. Kendaraan listrik tersebut, digunakan juga oleh kurir Pos Indonesia, terutama kurir-kurir perempuan yang tergabung dalam 'O-Ranger Mawar'.

Beberapa wilayah yang telah menggunakan kendaraan listrik dalam setiap proses pelayanan kurir dan logistik, antara lain Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, dan Bali.

Selain menggunakan kendaraan listrik, Pos Indonesia juga sudah mulai memanfaatkan energi bersih yang bersumber dari matahari. Sejauh ini, proyek percontohan pemanfaatan energi surya baru ada ada dua titik, yakni kantor pelayanan yang ada di Bali dan gudang logistik di Bekasi, Jawa Barat.

Choiriana menjelaskan, untuk kantor pelayanan di Bali, pemanfaatan energi surya diterapkan karena provinsi merupakan pusat perhelatan forum G20.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...