Jokowi akan Temui Prabowo Siang Ini, Bahas Cawapres Ganjar?

Amelia Yesidora
22 April 2023, 13:04
Jokowi, Prabowo
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/nym.
Presiden Joko Widodo (kanan) berjalan bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) usai melaksanakan Shalat Idul Fitri 1444 H di Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebut beberapa tokoh politik yang berpotensi dampingi calon presiden usungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo dalam perhelatan Pilpres 2024.

Beberapa nama tokoh yang mengemuka, antara lain Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, hingga Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Hak Asasi Manusia Mahfud MD.

Beberapa nama lain pun turut disebut, seperti Ridwan Kamil, Cak Imin, dan Pak Airlangga. Ketika disinggung nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Jokowi tidak menampik kemungkinan itu. Bahkan rencananya ia akan bertemu Prabowo siang ini.

“Nanti siang ketemu, beliau (Prabowo) mau ke rumah,” ujar Jokowi usai menjalankan Sholat Idul Fitri 1444 Hijriah di Masjid Sheikh Zayed Solo, Jawa Tengah, dikutip dari Antara, Sabtu (22/4).. 

Kepala Negara menjelaskan calon wakil presiden (Cawapres) yang akan akan mendampingi Ganjar bakal diputuskan mendatang. Menurutnya, calon presiden sudah jelas, tinggal menunggu calon wakil presidennya. 

Di kesempatan berbeda, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan siap dipasangkan dengan siapapun. Asal memiliki visi yang sama sebagai bakal cawapres untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

“Saya siap dipasangkan siapa saja, tapi pasti ada perhitungan-perhitungannya. Cawapres apakah dari partai atau tidak itu bagian dari diskusi yang panjang.” katanya dalam acara makan bersama di Wedangan Ndalem Padmosusastran, Surakarta, Sabtu (22/4).

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...