Pasien Sembuh Virus Corona di Seluruh Dunia Tembus 10 Juta Orang

Total kasus virus corona di seluruh dunia mencapai 16,4 juta dengan kematian mencapai lebih dari 650 ribu orang.
Image title
27 Juli 2020, 08:56
kasus virus corona, pandemi corona, korban meninggal dunia, pasien sembuh, covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/Amit Dave /WSJ/dj
Petugas kesehatan menggunakan APD melakukan tes swab di sebuah tempat pemeriksaan di Ahmedabad, India. Negeri Bolywood ini memiliki jumlah kasus terbanyak ketiga di dunia.

Total kasus virus corona di seluruh dunia mencapai 16,4 juta. Lebih dari 10 juta orang berhasil sembuh dari Covid-19, sedangkan 652 ribu orang meninggal dunia.

Dikutip dari Worldometers, masih terdapat 5,17 juta kasus aktif virus corona di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut 99 % berada dalam kondisi ringan, sedangkan 1 % berada dalam kondisi serius atau kritis.

Amerika Serikat masih menjadi negara dengan jumlah kasus terbanyak mencapai 4,37 juta orang dengan kematian hampir 150 ribu orang. Terdapat 2,09 juta orang telah sembuh dan masih ada 2,13 juta kasus aktif.

Mengutip CNN, kematian akibat corona di AS bertambah 1.000 orang hanya dalam empat hari. Dengan rumah sakit yang kewalahan dan penundaan hasil tes yang lambat, sejumlah pemimpin lokal seperti Walikota Houston Sylvester Turner dan Walikota Los Angeles Eric Garcett menyarankan untuk kembali memberlakukan kebijakan pembatasan aktivitas di rumah.

Advertisement

Kebijakan tersebut juga didukung oleh lebih dari 150 ahli medis terkemuka, ilmuwan, guru, perawat, dan ahli lainnya yang menandatangani surat yang mendesak para pemimpin untuk menutup negara bagian untuk mulai kembali mengendalikan penyebaran virus yang merajalela.

 

Brazil menempati posisi kedua dengan kasus terbanyak mencapai 3,42 juta orang. Sebanyak 87 ribu orang meninggal dunia dan 1,63 juta orang telah sembuh. Masih ada 698 ribu kasus aktif di negara tersebut.

Sementara di posisi ketiga, terdapat India dengan jumlah kasus aktif mencapai 1,43 juta orang dan kematian lebih dari 32 ribu orang. Sebanyak 918.735 orang telah sembuh dan masih terdapat 484 ribu aktif. Meski jumlah pasien sembuh mulai meningkat di India, Perdana Menteri Narenda Modi menyebut India harus melakukan langkah ekstra untuk menekan penyebaran virus corona yang kemungkinan masih akan berlanjut.

"Bahaya penyebaran corona belum usai, di banyak tempat, virus ini menyebar dengan cepat," ujarnya. 

Sementara itu, Korea Utara untuk pertama kalinya melaporkan dugaan kasus pertama virus corona. Dikutip dari Kantor Berita KCNA, dugaan kasus pertama virus corona ini merupakan warga Korea Utara yang membelot ke Korea Selatan tiga tahun lalu, tetapi diam-diam kembali melewati garis demarkasi dan menyebrang ke kota Kaseong.

Meski menyebut kasus masih belum pasti, Kim Jong Un telah mengadakan rapat darurat pada 25 Juli dan mengatakan telah menutup Kota Kaseong sejak 24 Juli.

Sementara di Indonesia, pasien positif Covid-19 bertambah 1.492 orang per 26 Juli 2020. Total Kasus mencapai 98.778 dengan 56.655 pasien dinyatakan sembuh dan 4.781 orang meninggal dunia.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait