Peluang Batam Jadi Kawasan Ekonomi Khusus Jasa Kesehatan

Rizky Alika
27 Agustus 2020, 16:21
kawasan ekonomi khusus, KEK, kek jasa kesehatan
ANTARA FOTO/Pradanna Putra Tampi/Mnk/aww.
Pasien COVID-19 yang telah sembuh meninggalkan ruang perawatan RS Khusus Infeksi Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau. Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam mengajukan usulan pengembangan kawasan ekonomi kesehatan jasa internasional di wilayah tersebut.

Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam mengajukan empat usulan pengembangan kawasan ekonomi khusus. Ketua Tim Teknis KPBPB Batam Susiwijono Moegiarso mengatakan, salah satu pengembangan yang diusulkan ialah KEK Jasa Kesehatan Internasional.

 "Ada dua KEK yang menunggu penetapan Presiden dan ada 4 KEK sedang proses pengusulan KEK," kata Susi dalam sebuah webinar, Kamis (27/8).

Pengembangan yang sedang diusulkan meliputi Aerocity Bandara Hang Nadim dan KEK Jasa Kesehatan Internasional di Pulau Batam. Kemudian, KEK Rempang di Pulau Rempang, dan Maritim City di Pulau Galang.

Selain itu, ada dua KEK yang tengah diajukan kepada Presiden Joko Widodo, yaitu KEK Nongsa Digital Park dan KEK MRO Batam Aero Technic. "Ini tinggal menunggu persetujuan di Presiden," ujar dia.

KEK Nongsa dan KEK MRO Batam akan ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah. Setelah ditetapkan, dua KEK tersebut diberikan waktu paling lama tiga tahun agar siap beroperasi. Selain itu, akan dilakukan evaluasi pembangunan setiap tahunnya.

Susi menambahkan, KEK Nongsa memiliki luas 166,45 hektare dengan nilai investasi sebesar Rp 16 triliun.Secara perinci, investasi untuk pembangunan sebesar Rp 1,09 triliun, dan investasi tenant Rp 14,90 triliun. Diharapkan, total tenaga kerja yang akan terserap sebanyak 16.500 orang.

KEK Nongsa akan memiliki fasilitas IT office park atau coworking space untuk programming dan inkubasi start up, pendidikan IT melalui akademi IT dan universitas, pusat data, studio animasi dan perfilman, serta pariwisata dan komersial area untuk mendukung kreativitas SDM.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...