Lima Provinsi Terbanyak Penerima BLT Pekerja Berada di Jawa

Pingit Aria
27 Agustus 2020, 13:32
Pekerja pabrik Kereta api PT INKA di Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (4/8/2020).
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/aww.
Pekerja pabrik Kereta api PT INKA di Kalipuro, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (4/8/2020).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini meresmikan program bantuan subsidi upah kepada pekerja dengan gaji di bawah Rp 5 juta. Bantuan tersebut akan diberikan kepada 15,7 juta pekerja, namun pada tahap awal bantuannya akan dicairkan untuk 2,5 juta pekerja.

Penerima bantuan terdiri dari berbagai latar belakang profesi, seperti pekerja honorer, guru honorer, karyawan hotel, hingga tenaga medis. "Ini yang kita luncurkan hari ini 2,5 juta. Kami harapkan nanti di bulan September selesai 15,7 juta pekerja," kata Jokowi, Kamis (27/8) di Istana Negara, Jakarta.

Advertisement

Pemerintah hingga kini masih terus mengumpulkan data penerima bantuan subsidi upah dari BPJS Ketenagakerjaan. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan, data pekerja yang telah terkumpul sebanyak 13,8 juta orang atau sekitar 88% dari target.

Bagaimanapun, “Data yang sudah divalidasi dan diverifikasi oleh BPJS Ketenagakerjaan sesuai dengan kriteria Permenaker Nomor 14 Tahun 2020 sejumlah 10,8 juta orang atau 69% dari target,” kata Ida di Istana Negara, Jakarta, Kamis (27/8).

Calon penerima program subsidi upah ini merupakan peserta aktif BP Jamsostek yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia. Namun, dari data yang telah diverifikasi, lima provinsi dengan jumlah pekerja terbanyak semuanya ada di wilayah di Pulau Jawa.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto menyatakan, proses pengumpulan data masih akan dilanjutkan. "Untuk pencairan dana sendiri akan dibagi dalam beberapa gelombang agar bisa merata kepada seluruh calon penerima yang mencapai 15,7 juta pekerja, dengan tepat sasaran," ujarnya dalam video conference.

Pemerintah telah mengalokasikan Rp 37,7 triliun untuk program subsidi pekerja terdampak covid-19. Satu orang pekerja akan mendapatkan subsidi total Rp 2,4 juta. Transfer dana tersebut akan dilakukan dua kali dalam empat bulan, masing-masing sebesar Rp 1,2 juta.

Berikut daftar lima provinsi terbanyak pekerjanya menerima subsidi yang dihimpun :

1. DKI Jakarta

Dari data BPJS Ketenagakerjaan, mayoritas penerima subsidi yang telah terverifikasi berasal dari DKI Jakarta. Di Ibu Kota, sudah ada 3.072.814 rekening peserta yang masuk dalam sistem penyaluran bantuan.

Jakarta memang merupakan pusat kegiatan ekonomi Indonesia. Pada 2017, jumlah perusahaan industri manufaktur besar dan sedang di DKI Jakarta sebanyak 2.582 perusahaan terdiri dari industri besar sebanyak 706 perusahaan dan industri sedang sebanyak 1.876 perusahaan.

2. Jawa Barat

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement