Kemenkeu: 3,4 Juta Orang Selamat dari Kemiskinan Berkat Bansos PEN

Agustiyanti
23 November 2020, 16:24
bansos, anggaran PEN, anggaran perlindungan sosial
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Ilustrasi. BPS mencatat jumlah penduduk miskin pada Maret 2020 sebesar 26,42 juta orang. atau 9,78%.

Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan memperkirakan sebanyak 3,43 juta orang selamat dari kemiskinan berkat bantuan perlindungan sosial yang dikucurkan pemerintah melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional. 

"Dari beberapa data dan perhitungan kami, diperkirakan 3,43 juta orang itu terselamatkan dari kemiskinan karena program perlindungan sosial," kata Kepala Pusat Kebijakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara BKF Ubaidi Socheh Hamidi dalam webinar Indef pada Senin (23/11), seperti dikutip dari Antara.

Advertisement

Ia menjelaskan, bantuan perlindungan sosial mampu menekan angka kemiskinan lebih rendah dari perkiraan sebelumnya yang mencapai 10,96 persen. Hingga 18 November, realisasi perlindungan sosial PEN telah mencapai Rp193,07 triliun atau 82,4 persen dari pagu.

Menurut Ubaidi, sejumlah program dalam perlindungan sosial telah terserap hampir 100 persen. Beberapa di antaranya, yakni Program Keluarga Harapan, bantuan beras dan kartu prakerja dalam kelompok perlindungan sosial.

"Perlindungan sosial yang realisasinya sudah 82,4% mampu menjaga konsumsi masyarakat miskin dan rentan miskin," katanya.

Realisasi anggaran perlindungan sosial dalam program penanganan virus corona Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional telah mencapai Rp 200,18 triliun atau 98,2% dari pagu Rp 203,9 triliun per 30 Oktober 2020. 

Program PEN, menurut dia, juga mampu mendorong unit usaha baru yakni kategori orang berusaha yang dibantu buruh/karyawan tidak tetap. Jumlah pelaku usaha bertambah 1,13 juta berkat dukungan kepada UMKM. Program PEN juga mendorong orang yang berusaha sendiri sebanyak 40 ribu orang.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement