Reshuffle Kabinet, Jokowi Lantik Bahlil, Nadiem dan Handoko Sore Ini

Agustiyanti
28 April 2021, 08:44
jokowi, reshuffle kabinet, Menteri Investasi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional
Youtube/Seretariat Presiden
Presiden Joko Widodo akan meresuffle kabinet pada sore ini, Rabu (28/4).

Presiden Joko Widodo akan mengumumkan perubahan kabinet atau reshuffle pada Rabu (28/4) sore ini. Ia rencananya melantik Menteri Investasi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Pelantikan ini digelar seiring persetujuan yang telah diberikan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) terkait rencana pemerintah mengubah nomenklatur kementerian.

Berdasarkan sumber Katadata.co.id di pemerintahan, Nadiem Makarim dikabarkan masih menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, begitu pula Bahlil Lahadalia yang akan menjadi Menteri Investasi.

Sementara itu, Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dr. Laksana Tri Handoko, M.Sc. akan dilantik sebagai Kepala BRIN.

Meski demikian, ketiganya belum mengkonfirmasi kabar tersebut. Hingga berita ini ditulis, Handoko belum merespons pesan singkat Katadata.co.id.

Sementara Bahlil enggan menjawab kabar tersebut saat dikonfirmasi pada Selasa (27/4). Ia mengatakan pergantian menteri atau kepala lembaga merupakan kewenangan presiden.

Dikutip dari berbagai sumber, Handoko merupakan ahli fisika RI dengan keahlian fisika partikel. Pria kelahiran Lawang 7 Mei tahun 1968 ini mendapatkan gelar sarjana bidang fisika di Universitas Kumamoto, serta master dan doktoral bidang fisika teori di Universitas Hiroshima.

Handoko memulai karirnya di Pusat Penelitian Fisika LIPI tahun 1987 hingga menjadi Kepala Grup Fisika Teori dan Komputasi Pusat Penelitian Fisika tahun 2002. Satu dekade menjadi Kepala Grup, karir Handoko menanjak menjadi Kepala Pusat Penelitian Informatika LIPI sampai 2014. Pada 2014, Handoko lalu menjadi Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI. Jabatan tersebut diemban selama empat tahun sebelum menjabat sebagai Kepala LIPI.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...