Besok, Kepala LIPI Dikabarkan Dilantik Jokowi untuk Memimpin BRIN

Ameidyo Daud Nasution
27 April 2021, 20:16
brin, kepala lipi, kepala brin, reshuffle kabinet, laksana tri handoko, jokowi
Katadata
Kepala LIPI Laksana Tri Handoko dikabarkan akan dilantik Presiden Joko Widodo untuk menjabat sebagai Kepala BRIN, Rabu (27/4) (Foto: LIPI)

Presiden Joko Widodo dikabarkan akan melantik Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dr. Laksana Tri Handoko, M.Sc. menjadi Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Rabu (27/4).

Hal tersebut disampaikan oleh sumber di lingkungan pemerintahan bersamaan dengan kabar reshuffle. Selain Laksana, Jokowi juga akan melantik Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim serta Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Meski demikian, Handoko belum mengonfirmasikan kabar tersebut. Hingga berita ini ditulis, ia belum merespons pesan singkat Katadata.co.id.

Dikutip dari berbagai sumber, Handoko merupakan ahli fisika RI dengan keahlian fisika partikel. Pria kelahiran Lawang 7 Mei tahun 1968 ini mendapatkan gelar sarjana bidang fisika di Universitas Kumamoto, Jepang pada 1993.

Tahun 1995, ia lalu melanjutkan kuliah master bidang fisika teori di Universitas Hiroshima dan melanjutkan pendidikan doktoralnya di kampus yang sama.

Ia memulai karirnya di Pusat Penelitian Fisika LIPI tahun 1987 hingga menjadi Kepala Grup Fisika Teori dan Komputasi Pusat Penelitian Fisika tahun 2002.Satu dekade menjadi Kepala Grup, karir Handoko menanjak menjadi Kepala Pusat Penelitian Informatika LIPI sampai 2014.

Pada 2014, Handoko lalu menjadi Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI. Jabatan tersebut diemban selama empat tahun sebelum menjabat sebagai Kepala LIPI.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...