Ekonomi AS Melonjak 6,4% pada Kuartal I Berkat Stimulus & Vaksinasi

Agustiyanti
30 April 2021, 07:35
ekonomi AS, pertumbuhan ekonomi AS, amerika serikat
ANTARA FOTO/REUTERS/Jim Watson/Pool /WSJ/sa.
Ilustrasi. Stimulus yang dikeluarkan Presiden Joe Biden membawa ekonomi AS tumbuh 6,4% pada kuartal I 2021.

Amerika Serikat mencatatkan pertumbuhan ekonomi mencapai 6,4% pada kuartal pertama tahun ini. Akselerasi ini ditopang oleh belanja konsumsi yang melonjak 10,7% secara tahunan, tercepat kedua sejak 1960.

Mengutip Bloomberg, nilai barang dan jasa yang diproduksi di dalam negeri yang disesuaikan dengan inflasi naik ke US$ 19,1 triliun, menunjukkan PDB akan segera melampaui puncak pra-pandemi US$ 19,3 triliun.

Pemulihan ekonomi Amerika yang cepat didorojng oleh meningkatnya vaksinasi, pertumbuhan pekerjaan yang lebih cepat, dan dua putaran pembayaran stimulus federal untuk meningkatkan pengeluaran rumah tangga.
Pemerintah AS mencabut pembatasan aktivitas sehingga membantu kenaikan permintaan konsumen, termasuk untuk belanja rekreasi dan pariwisata yang sejak lama terpukul. Sejumlah data, termasuk pemesanan restoran dan perjalanan udara melesat.

Permintaan terpendam yang terlihat mendorong pertumbuhan yang sangat besar tahun ini mendorong harga melonjak di saat yang sama. Produsen mengalami kekurangan bahan dan tantangan rantai pasokan.

Laju pengeluaran pemerintah melonjak pada tingkat tahunan 6,3%, tercepat sejak 2002 dan cerminan dari stimulus federal. Pengeluaran non-pertahanan secara tahunan juga naik terbesar sejak 1963.

Kenaikan pertumbuhan pada periode Januari hingga Maret juga mencerminkan kekuatan berkelanjutan dalam investasi bisnis dan perumahan. Investasi non-residensial naik 9,9% secara tahunan, didorong oleh peralatan dan kekayaan intelektual, sementara investasi residensial meningkat 10,8%.

Pengeluaran rumah tangga dan bisnis yang kuat telah membuat persediaan sedikit dan mendorong permintaan impor, dua area yang membebani pertumbuhan kuartal pertama. Ekspor bersih barang dan jasa mengurangi 0,87 poin persentase dari PDB, sedangkan perubahan persediaan mengurangi 2,64 poin.

"Ketika Anda mendapatkan laporan PDB yang menampilkan lonjakan konsumsi dan persediaan yang menurun, ini menunjukkan pemulihan yang lebih kuat dari angka pertumbuhan," kata Kevin Cummins, kepala ekonom AS di NatWest Markets.

Kevin optimistis pertumbuhan akan terus berlanjut pada kuartal ketiga dan keempat. Banyak lembaga mengerek prediksi pertumbuhan ekonomi AS setelah stimulus tambahan US$ 1,9 triliun disahkan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...