Pengunjung Melonjak, Tempat Wisata di Berbagai Daerah Ditutup

Agustiyanti
16 Mei 2021, 15:49
tempat wisata, tempat wisata ditutup, covid-19, lonjakan pengunjung ditempat wisata, ancol ditutup, ragunan ditutup
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/rwa.
Wisatawan bermain air di Pantai Utara Purwahamba Indah, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Minggu (16/5/2021). Pada akhir libur Lebaran, pengunjung Pantai Utara dari luarkota membludak sehingga Polres Tegal dan pengelola pantai terpaksa menutup sementara kawasan tersebut untuk mencegah kerumunan.

Sejumlah tempat wisata di berbagai daerah terpaksa ditutup lantaran terjadi lonjakan jumlah pengunjung yang dikhawatirkan memicu klaster baru Covid-19. Penutupan tempat wisata, antara lain dilakukan di Jakarta, serta sejumlah tempat di Jawa Barat dan Sumatera.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan untuk menutup Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, dan Taman Margasatwa Ragunan selama dua hari pada 16-17 Mei 2021. Selain ketiga tempat wisata tersebut, pemprov juga menutup seluruh museum dan destinasi budaya.

Advertisement

"Penutupan sementara seluruh museum dan kawasan destinasi budaya lainnya 16-17 Mei 2021 dalam rangka penguatan protokol kesehatan. Pelayanan akan dibuka kembali 18 Mei 2021," demikian tertulis dalam akun media sosial Twitter Pemprov DKI Jakarta.

Tak hanya di Jakarta, sejumlah daerah di Jawa Barat juga memutuskan untuk menutup tempat wisata. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menginstruksikan akses menuju objek wisata di Pangandaran dan Ciwidey, Kabupaten Bandung ditutup.

"Pangandaran dan akses ke Ciwidey disepakati ditutup untuk wisatawan," katanya Sabtu (16/5) seperti dikutip dari Antara.

Ia mengatakan daerah tujuan wisata diperkirakan akan dikunjungi masyarakat seiring kebijakan pelarangan mudik Lebaran 2021. Oleh karena itu pengawasan dan pengendalian terhadap tempat wisata selama Lebaran terus diperketat.

Penutupan tempat wisata juga dilaksanakan di semua objek wisata di Indramayu, Pantai Selatan Cianjur, dan wisata pantai di Garut.

Tak hanya di Jakarta dan Jawa Barat, sejumlah daerah di Sumatera juga memutuskan untuk menutup tempat wisata. Hal ini antara lain dilakukan oleh Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung.

"Semua tempat wisata ditutup, kami sudah memasang garis polisi sebagai tanda larangan mengunjungi kawasan wisata," kata Kapolres Bangka Tengah, AKBP Slamet Ady Purnomo.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement