Varian Delta Picu Lonjakan Kasus di AS, Rawat Inap Tertinggi 6 Bulan

Image title
10 Agustus 2021, 07:33
varian delta, amerika serikat, kasus covid-19, kasus covid-19 di AS
ANTARA FOTO/REUTERS/David Ryder/ama/dj
AS mencatat kasus Covid-19 rata-rata mencapai 100 ribu selama tiga hari berturut-turut, naik 35% selama seminggu terakhir.

Kasus Covid-19 dan rawat inap di Amerika Serikat berada pada level tertinggi dalam enam bulan terakhir, didorong oleh penyebaran cepat varian Delta. Hal ini terutama terjadi di negara-negara bagian yang masih bergulat dengan tingkat vaksinasi yang rendah.

Mengutip Reuters, kasus Covid-19 rata-rata mencapai 100 ribu selama tiga hari berturut-turut, naik 35% selama seminggu terakhir. Lonjakan penyakit paling kuat terjadi di Louisiana, Florida, dan Arkansas.

Rawat inap naik 40% dan kematian, indikator tertinggal, mencatat kenaikan 18% dalam seminggu terakhir, dengan kematian terbanyak menurut populasi di Arkansas.

Penyebaran pandemi yang semakin intensif telah menyebabkan pembatalan beberapa acara besar yang terkenal. Satu pengecualian adalah reli sepeda motor tahunan di South Dakota yang berjalan sesuai rencana.

Florida mencatat rekor rawat inap selama delapan hari berturut-turut, menurut analisis. Di negara bagian itu, sebagian besar siswa akan kembali ke kelas minggu ini, tetapi beberapa distrik sekolah memperdebatkan apakah  siswa perlu menggunakan masker. 

Ketua serikat guru terbesar kedua di negara itu pada hari Minggu mengumumkan perubahan arah dengan mendukung vaksinasi yang diamanatkan untuk guru AS dalam upaya melindungi siswa yang terlalu muda untuk disuntik.

Jumlah anak-anak yang dirawat di rumah sakit dengan Covid-19 meningkat di seluruh panjuru AS. Tren ini dikaitkan oleh para ahli kesehatan dengan varian Delta yang lebih mungkin menginfeksi anak-anak daripada strain Alpha asli.

Dengan lonjakan kasus yang kembali terjadi, dorongan untuk memvaksinasi mereka yang masih enggan mendapatkan momentum baru. Negara bagian termasuk California, New York dan Virginia telah mengamanatkan vaksinasi atau pengujian mingguan untuk pegawai negeri, serta beberapa kota.

Pemerintahan Presiden Joe Biden menetapkan aturan baru akhir bulan lalu yang mengharuskan pekerja federal untuk memberikan bukti vaksinasi atau menghadapi tes rutin, kewajiban penggunaan masker, dan pembatasan perjalanan.

Di sektor swasta, semakin banyak perusahaan yang juga mewajibkan vaksinasi Covid-19. United Airlines (UAL.O), pengepakan daging Tyson Foods Inc (TSN.N) dan Microsoft (MSFT.O) mewajibkan karyawan untuk divaksinasi.

Pandemi yang berkembang dan penyebaran komunitas yang cepat yang didorong oleh varian Delta telah mendorong pembatalan beberapa acara berskala besar. Pekan lalu, penyelenggara membatalkan New York Auto Show yang telah ditetapkan untuk akhir bulan ini.

New Orleans Jazz Fest dibatalkan untuk tahun kedua berturut-turut karena Louisiana berjuang melawan wabah yang parah.

Namun, kekhawatiran tentang varian Delta tampaknya tidak menyurutkan suasana di Sturgis, kota kecil di South Dakota yang menyambut ratusan ribu penggemar sepeda motor untuk Sturgis Motorcycle Rally tahunan.  "Ini adalah salah satu kerumunan terbesar yang pernah saya lihat. Saya pikir pasti akan ada beberapa penyebaran,” kata Sheriff Meade County Ron Merwin. 

Kota Sturgis telah bermitra dengan pejabat kesehatan untuk menyediakan alat tes mandiri COVID-19 untuk reli, tetapi acara tersebut tidak memerlukan bukti vaksinasi atau penggunaan masker.

Tahun lalu, reli menjadi acara penyebar super yang dikhawatirkan banyak orang akan terjadi. Kasus dan rawat inap relatif rendah di South Dakota ketika acara dimulai pada 7 Agustus 2020, tiga bulan kemudian negara bagian itu mencatat rekor pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit dan infeksi baru.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait