Holywings Kemang Dilarang Buka, Pengusaha Hiburan: Pemda Kurang Bijak

Rizky Alika
10 September 2021, 07:51
Holywings, Holywings kemang, satpol pp, ppkm level 3
Katadata
SatpolPP saat menyegel Holywings Kemang yang melanggar aturan PPKM Level 3 pada Minggu (5/9). (Twitter @SatpolPP_DKI)

Restoran dan bar Holywings Kemang dilarang beroperasi hingga pandemi Covid-19 usai. Ketua Asosiasi Pengusaha Hiburan Jakarta (Ashpija) Hanna Suryani pun menilai, pemerintah daerah kurang bijak dalam mengenakan sanksi tersebut.

"Kalau Holywings salah, apa perlu sampai menutup seperti itu? Apakah jajaran pemerintah tidak ada kesalahan juga?" kata Hanna kepada Katadata, Kamis (9/9).

Menurutnya, Holywings telah mematuhi sejumlah ketentuan, seperti melarang pengunjung yang belum divaksin. Dengan demikian, pengunjung yang berada dalam Holywings sudah dipastikan aman.

Selain itu, pelanggaran tersebut melibatkan banyak pihak, yaitu pengusaha, tim manajemen, dan pengunjung. Ia juga mempertanyakan apakah pemerintah ikut terlibat dalam pelanggaran tersebut.

Menurut dia, pemerintah maupun aparat setempat seharusnya melakukan langkah antisipasi sebelum terjadi kerumunan. Satpol PP hingga Dinas Pariwisata juga diharapkan melakukan pembinaan ekstra guna mencegah adanya keramaian.

Selain itu, menurut dia, langkah persuasif seperti pemberian sanksi teguran seharusnya diterapkan pada awal pelonggaran PPKM. Pemberian sanksi secara bijak dinilai perlu lantaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 merupakan hal yang baru bagi pengusaha.

"Berilah langkah bijak untuk menangani pelanggaran oleh pnengusaha karena ini semata-mata pengusaha baru menghadapi situasi (PPKM) ini," ujar dia.

Berdasarkan sejumlah pemberitaan, pemilik saham Holywings Nikita Mirzani mengaku rugi banyak akibat penutupan sementara Holywings. Kerugian bahkan sebenarnya sudah dialami sebelum ada larangan beroperasi.

Menurutnya, kerugian serupa juga dialami kafe dan klub lain. Akibatnya, pembayaran gaji pegawai jadi tersendat. Meski begitu, ia mengatakan seluruh karyawan Holywings telah makmur.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...