Indonesia Ekspor Satu Kontainer Motor Listrik Gesits ke Senegal

WIKA Industri Manufaktur untuk pertama kalinya mengekspor motor listrik Gesits ke Senegal.
Image title
18 Oktober 2021, 08:52
ekspor, wima, motor listrik, motor gesits, senegal
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Ilustrasi. Ekspor perdana motor listrik produksi WIMA merupakan kelanjutan dari kegiatan promosi motor GESITS yang dilakukan KBRI Dakar pada 8 Juni 2021 di Promenade de Thiessois, Thiès, Senegal.

PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA) mengekspor satu kontainer sepeda motor listrik Gesits ke Senegal. Ekspor perdana motor listrik produksi WIMA ini merupakan kelanjutan dari kegiatan promosi motor GESITS yang dilakukan KBRI Dakar pada 8 Juni 2021 di Promenade de Thiessois, Thiès, Senegal.

“Realisasi ekspor perdana motor GESITS ke Senegal ini tidak hanya merupakan langkah awal keberhasilan motor listrik Gesits di pasar Senegal, tetapi diharapkan turut berperan sebagai faktor pendorong ekspor motor Gesits ke wilayah lainnya," kata Duta Besar RI Dakar Dindin Wahyudin dalam keterangan resminya, Minggu (17/10).

Dindin mengatakan, peluang ekspor motor Gesits ke kawasan Afrika Barat masih terbuka lebar. Salah satu negara yang potensial, menurut dia, adalah Pantai Gading yang telah mengumumkan rencana untuk menghentikan impor sepeda motor berbahan bakar fossil dalam waktu dekat. Ia menilai kebijakan tersebut merupakan kesempatan bagi Gesits untuk lebih awal diperkenalkan kepada masyarakat di negara tersebut.

Momentum kedatangan motor Gesits  nantinya akan dimanfaatkan KBRI Dakar pada acara pameran dagang terbesar di Senegal (FIDAK) pada awal Desember 2021. Pameran Dagang ini tidak hanya akan dihadiri oleh masyarakat Senegal, tetapi juga potential buyers dari negara-negara lain, khususnya dari wilayah Afrika Barat. 

Selain motor listrik Gesits, produk-produk unggulan Indonesia lainnya mulai dari pesawat, alat-alat pertanian, hinga produk makanan akan dipromosikan pada pameran dagang tersebut. “KBRI Dakar selalu siap untuk mendukung dan memfasilitasi semua pelaku usaha Indonesia, khususnya untuk memasuki pasar di delapan negara akreditasi KBRI Dakar," ujar dia.

Direktur Operasional PT WIKA Rudy Hartono mengatakan, keberhasilan ekspor perdana ini akan mendorong Gesits untuk menembus pasar-pasar motor di negara asing lainnya.  Ia juga turut memberikan apresiasi kepada Dubes RI Dakar dan jajarannya yang telah memfasilitasi realisasi ekspor motor listrik Gesits ke Senegal tahun ini.

"Pada pengiriman pertama ini, sebanyak satu kontainer motor Gesits beserta spare parts direncanakan akan tiba di Senegal pada akhir November 2021," kata dia.

WIKA Industri Manufaktur (WIMA) bergerak di bidang industri manufaktur dan assembling, khususnya sepeda motor listrik dengan merek Gesits. Perusahaan ini merupakan perusahaan joint venture antara WIKON dan GTI yang didirikan pada 2018.

Direktur Keuangan WIMA Trihari Agus Riyanto sebelumnya menargetkan  penjualan Gesits tahun ini dapat mencapai 48 ribu unit. Target ini sesuai dengan kapasitas produksi Gesits yang mencapai 200 unit per hari. 

Menurut Tri, optimisme target penjualan ditopang oleh regulasi pemerintah yang mulai mendukung penyerapan motor listrik. "Saat ini pemerintah dengan regulasinya mendorong ke arah kendaraan ramah lingkungan," ujarnya.

Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Agustiyanti
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait