Menlu Retno Jajaki Potensi Buka Vaccinated Travel Lane dengan India 

Agustiyanti
30 Oktober 2021, 11:28
india, retno marsudi, G20
Youtube/Sekretariat Presiden
Menlu Reno Marsudi membahas perbandingan situasi Covid-19 di Indonesia dengan India yang mengalami kemajuan.

 

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri India di tengah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Roma, Italia. Salah satu yang dijajaki adalah potensi untuk membuka jalur pariwisata untuk orang-orang yang sudah divaksinasi.

Advertisement

Retno mengatakan dalam pertemuan dengan menlu India, keduanya membahas perbandingan situasi Covid-19 di masing-masing negara yang mengalami kemajuan. Ia juga menjelaskan kondisi di Indonesia yang kini memiliki tingkat positif Covid-19 atau positivity rate di bawah 1%, bahkan hanya 0,4% dalam beberapa hari terakhir. 

“Kami juga menyampaikan bahwa India adalah satu dari 19 negara yang boleh berkunjung ke Bali dan kami juga menjajaki pembukaan vaccinated travel line atau VTL, serta panduan sertifikat vaksin untuk perjalanan yang aman,” kata Retno dalam Konferensi Pers, Sabtu (30/10). 

Retno juga menyampaikan kepada Menlu India terkait harapannya agar distribusi vaksin Covid-19 yang dipesan dari India tak mengalami gangguan.

Tak hanya soal Covid-19, menurut Retno, pembicaraan keduanya juga mencakup pelaksanaan presidensi G20 yang akan dipimpin Indonesia pada tahun depan dan tantangan perubahan iklim. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement