Menlu Retno Jajaki Potensi Buka Vaccinated Travel Lane dengan India 

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri India, Meksiko, dan State Counceller Menlu Cina di tengah pertemuan KTT G20.
Image title
30 Oktober 2021, 11:28
india, retno marsudi, G20
Youtube/Sekretariat Presiden
Menlu Reno Marsudi membahas perbandingan situasi Covid-19 di Indonesia dengan India yang mengalami kemajuan.

 

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri India di tengah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Roma, Italia. Salah satu yang dijajaki adalah potensi untuk membuka jalur pariwisata untuk orang-orang yang sudah divaksinasi.

Retno mengatakan dalam pertemuan dengan menlu India, keduanya membahas perbandingan situasi Covid-19 di masing-masing negara yang mengalami kemajuan. Ia juga menjelaskan kondisi di Indonesia yang kini memiliki tingkat positif Covid-19 atau positivity rate di bawah 1%, bahkan hanya 0,4% dalam beberapa hari terakhir. 

“Kami juga menyampaikan bahwa India adalah satu dari 19 negara yang boleh berkunjung ke Bali dan kami juga menjajaki pembukaan vaccinated travel line atau VTL, serta panduan sertifikat vaksin untuk perjalanan yang aman,” kata Retno dalam Konferensi Pers, Sabtu (30/10). 

Retno juga menyampaikan kepada Menlu India terkait harapannya agar distribusi vaksin Covid-19 yang dipesan dari India tak mengalami gangguan.

Tak hanya soal Covid-19, menurut Retno, pembicaraan keduanya juga mencakup pelaksanaan presidensi G20 yang akan dipimpin Indonesia pada tahun depan dan tantangan perubahan iklim. 

“Setelah Indonesia, presindensi G20 akan dipegang India dan India sepakat untuk  memberikan perhatian kepada negara berkembang dalam forum G20 seperti yang akan dilakukan Indonesia pada tahun depan,” kata Retno. 

Sementara terkait tantangan perubahan iklim, menurut Retno, Indonesia dan India sepakat pentingnya komitmen semua negara untuk melaksanakan kewajibannya. Ia juga berharap negara-negara maju juga memenuhi komitmen untuk memberikan duzungan pendanaan dan alih teknologi. 

Selain dengan menlu India, Retno juga melakukan pertemuan dengan Menlu Meksiko dan State Counseller Menlu Cina. Pembicaraan Retno dengan Menlu Meksiko juga mencakup penjelasan terkait pelaksanaan presidensi G20 oleh Indonesia tahun depan dan tantangan perubahan iklim. 

“Pukul 21.00 waktu roma saya akan melakukan pertemuan dengan state counseller menlu Tiongkok. Hasilnya akan saya informasikan besok,” kata Retno. 

Dalam rangka mendukung kampanye penyelenggaraan G20 di Indonesia, Katadata menyajikan beragam konten informatif terkait berbagai aktivitas dan agenda G20 hingga berpuncak pada KTT G20 Oktober 2022 nanti. Simak rangkaian lengkapnya di sini.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait