Elon Musk Ingin Lepas 10% Kepemilikannya, Saham Tesla Anjlok 12%

Agustiyanti
10 November 2021, 07:06
elon musk, tesla, harga saham tesla, saham tesla
Instagram/Elonrmuskk
CEO Elon Musk pada akhir pekan lalu menyatakan berencana untuk menjual 10% sahamnya di Tesla.

Saham Tesla anjlok 11,99% pada perdagangan Selasa (10/11), melanjutkan penurunan kemarin setelah sang CEO Elon Musk pada akhir pekan lalu menyatakan berencana untuk menjual 10% sahamnya di perusahaan tersebut 

Penurunan ini akan menjadi yang terbesar tahun ini untuk saham dan terjadi setelah harga saham turun 5% pada Senin, meredam sebagian besar tren kenaikan pada tahun ini. Secara keseluruhan, saham Tesla naik lebih dari 47% pada tahun 2021 dan meningkat lebih dari dua kali lipat dalam setahun terakhir. Kenaikan saham Tesla ditopang laporan dari kenaikan margin otomotif dan keberhasilan  untuk mengatasi kekurangan chip untuk meningkatkan produksi sementara pesaing tersendat.

Anggota dewan saat ini dan mantan termasuk ketua Robyn Denholm, saudara laki-laki Elon Musk Kimbal Musk, Ira Ehrenpreis dan Antonio Gracias juga telah melepas ratusan juta dolar saham Tesla sejak 28 Oktober setelah kapitalisasi pasar Tesla melampaui $1 triliun.

Musk dianugerahi paket opsi yang besar dan kuat sebagai bagian dari rencana kinerja CEO pada 2012. Lantaran ia tidak menerima gaji atau bonus tunai, kekayaannya berasal dari penghargaan saham tersebut dan keuntungan dari harga saham Tesla. Bonus untuk tahun 012 adalah 22,8 juta saham dengan harga kesepakatan $6,24 per saham. Itu akan berakhir pada 13 Agustus 2022.

Dia juga memiliki opsi tambahan dari paket pembayaran CEO 2018 yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Musk telah menjanjikan setidaknya 92 juta saham Tesla-nya kepada pemberi pinjaman untuk pinjaman tunai. Seperti yang dilaporkan CNBC sebelumnya, Musk mungkin ingin menjual beberapa saham untuk membayar utangnya, dan dia menghadapi tagihan pajak yang berpotensi besar atas rejeki nomploknya saat dia menggunakan opsinya dan menjual saham.

Terlepas dari penjualan orang dalam baru-baru ini, Perusahaan Keuangan asal AS Jefferies menaikkan target harga untuk saham Tesla dari $950 menjadi $1.400 dalam sebuah catatan Senin.

Sementara itu, Analis Philippe Houchois menilai Tesla telah mencapai posisi di mana mereka dapat menyeimbangkan keterjangkauan dan kemajuan, tujuan yang sama pentingnya dengan profitabilitas dalam visi Elon Musk. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...