Laporan McKinsey: Cina Salip Amerika Jadi Negara Terkaya di Dunia

Agustiyanti
19 November 2021, 12:47
cina, amerika serikat, negara terkaya di dunia, negara terkaya
ANTARA FOTO/REUTERS/Tingshu Wang/nz/cf
Ilustrasi. Kekayaan Cina meningkat menjadi US$ 120 triliun pada 2022 dari hanya US$ 7 triliun pada 2000 saat belum bergabung dengan

Laporan terbaru lembaga konsultan global McKinsey & Co menunjukkan kekayaan dunia meningkat hingga tiga kali lipat dalam dua dekade terakhir. Cina berhasil menyalip posisi Amerika Serikat sebagai negara terkaya di dunia.

Kesimpulan tersebut diperoleh McKinsey setelah meneliti neraca 10 negara yang mewakili 60% pendapatan dunia. “Kita saat ini lebih kaya dari sebelumnya,” ujar Partner McKinsey Global Institute di Zurich Jan Mischke dikutip dari Bloomberg. 

Kekayaan bersih seluruh dunia naik dari US$ 156 triliun pada 2000 menjadi US$ 514 triliun pada 2020. Cina menyumbang hampir sepertiga dari kenaikan kekayaan tersebut. 

Kekayaan Cina meningkat menjadi US$ 120 triliun pada 2022 dari hanya US$ 7 triliun pada 2000 saat belum bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia.

Sementara Amerika Serikat mencatatkan kekayaan bersih naik hanya dua kali lipat dalam periode yang sama menjadi US$ 90 triliun. Kenaikan Kekayaan AS tertahan oleh perlambatan kenaikan harga proporti. 

Di kedua negara ekonomi terbesar di dunia itu, lebih dari dua pertiga kekayaan dikuasai oleh 10% rumah tangga terkaya. Seperti yang dihitung oleh McKinsey, 68% dari kekayaan bersih global disimpan di real estat. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...