Kasus Corona Tembus 27 Ribu, Jokowi: Sudah Diperkirakan, RS Terkendali

Agustiyanti
3 Februari 2022, 20:46
jokowi, covid-19, kasus covid-19, omicron
Sekab.go.id
Presiden Joko Widodo meminta masyarakat tetap tenang menghadapi lonjakan kasus yang dipicu penyebaran varian Omicron ini.

Pemerintah mencatat kasus baru Covid-19 pada Kamis (3/2) mencapai 27.197 kasus, tertinggi sejak 14 Agustus 2021. Presiden Joko Widodo menyebut, lonjakan kasus ini sudah diprediksi dan diantisipasi pemerintah. Jokowi juga menegaskan kondisi rumah sakit saat ini masih terkendali. 

"Lonjakan ini sudah diperkirakan dan diantisipasi pemerintah dengan kesiapan-kesiapan yang jauh lebih baik dari segi rumah sakit, obat-obatan, oksigen, tes, isolasi, dan tenaga kesehatan. Kondisi rumah sakit saat ini terkendali," ujar Jokowi dalam konferensi pers, Kamis (3/2). 

Advertisement

Ia meminta masyarakat tetap tenang menghadapi lonjakan kasus yang dipicu penyebaran varian Omicron ini. Jokowi menjelaskab, varian Omicron memang memiliki tingkat penularan yang tinggi, tetapi tingkat keparahan yang disebabkan oleh varian ini lebih rendah dibandingkan Delta. 

"Hal ini bisa terlihat dari kasus covid-19 di beberapa negara. Tingkat keterisian rumah sakit relatif rendah meski kasus tinggi. Ini juga terjadi di Indonesia," kata Jokowi. 

Jokowi mengatakan, varian Omicron bisa disembuhkan tanpa ke rumah sakit. Pasien yang terinfeksi, menurut Jokowi, cukup melakukan isolasi, meminum obat dan multivitamin serta melakukan tes kembali setelah lima hari. 

Ia juga telah memerintahkan Menteri Koordinator Bidang Investasi dan Maritim Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto untuk terus mengevaluasi level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di setiap daerah. "Saya juga telah meminta gubernur, bupati, walikota untuk bekerja sama dengan jajaran TNI dan Polri guna memastikan protokol kesehatan berjalan dan mempercepat vaksinasi," kata Jokowi. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement