Harga Minyak Kembali Turun, Rusia Janji Penuhi Kontrak

Agustiyanti
11 Maret 2022, 07:39
Ilustrasi kilang minyak, BBM, harga minyak, harga minyak dunia, rusia
123rf.com/Supakit Poroon
Ilustrasi. Harga minyak kembali turun pada Kamis (10/3) setelah penurunan terbesar dalam dua tahun terakhir pada hari sebelumnya.

Harga minyak dunia ditutup anjlok hingga 2% pada perdagangan Kamis (10/3), sehari setelah penurunan harian terbesar dalam dua tahun. Harga minyak terseret oleh janji Rusia untuk memenuhi kewajiban kontrak dan pernyataan beberapa pedagang bahwa kekhawatiran gangguan pasokan sudah berlebihan.

Sejak invasi Rusia 24 Februari ke Ukraina, pasar minyak menjadi yang paling bergejolak dalam dua tahun. Pada Rabu (9/3), Harga minyak mentah Brent yang menjadi acuan global membukukan penurunan harian terbesar sejak April 2020. Padahal, harga minyak pada dua hari sebelumnya sempat mencapai level tertinggi dalam 14 tahun mencapai lebih dari US$ 139 per barel.

Harga minyak berjangka Brent hari ini turun US$ 1,81, atau 1,6% menjadi US$ 109,33 per barel setelah naik sebanyak 6,5% di awal sesi. Sementara harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS turun US$ 2,68, atau 2,5% menjadi US$ 106,02 per barel.

"Saya pikir beberapa 'kegelisahan perang' akan keluar dari pasar, Orang-orang mulai bertanya apakah ada terlalu banyak masalah pasokan, tetapi sebenarnya masih banyak pasokan dari Rusia," " kata John Kilduff, mitra di Again Capital di New York.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan dalam sebuah pertemuan bahwa Rusia sebagai produsen energi utama yang memasok sepertiga gas Eropa dan 7% minyak global, akan terus memenuhi kewajiban kontraktualnya pada pasokan energi. 

Namun, minyak dari pengekspor minyak mentah terbesar kedua di dunia sedang dilarang karena invasinya ke Ukraina, dan banyak yang tidak yakin dari mana pasokan pengganti akan datang.

Komentar dari pejabat Uni Emirat Arab (UEA) mengirimkan sinyal yang bertentangan, menambah volatilitas.  Pada hari Rabu, Brent merosot 13% setelah duta besar UEA untuk Washington mengatakan produsen OPEC nomer tiga ini akan mendorong Organisasi Negara Pengekspor Minyak untuk mempertimbangkan produksi yang lebih tinggi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...