Softbank Batal Investasi di Proyek Ibu Kota Baru

Agustiyanti
12 Maret 2022, 09:54
jokowi, ibu kota baru, ibu kota, softbank
Katadata
Ilustrasi. Presiden Joko Widodo ingin memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan sebelum akhir masa jabatan terakhirnya pada tahun 2024.

SoftBank Group Corp batal berinvestasi pada proyek Ibu Kota baru Indonesia di Kalimantan. Perusahaan asal Jepang ini sebelumnya disebut menawarkan investasi mencapai US$ 40 miliar atau setara Rp 572 triliun (asumsi kurs Rp 14.300 per dolar AS) untuk membangun Nusantara. 

“SoftBank melewatkan proyek tersebut, tetapi akan terus berinvestasi di Indonesia melalui perusahaan portofolio Vision Fund,” kata Juru Bicara Softbank kepada Reuters, Jumat (11/3). 

Advertisement

Menteri Koordinator Investasi dan Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan juga telah menkonfirmasi kabar mundurnya rencana investasi Pendiri Softbank Masayoshi Son tersebut. Namun, Luhut tidak menjelaskan, mengapa pembicaraan investasi di proyek Ibu Kota Negara berakhir. “

"Tidak ada lagi cerita tentang Masayoshi, dia sudah keluar," ujar Menteri Koordinator Investasi dan Kemaritiman Luhut Panjaitan dalam wawancara kepada Bloomberg, pekan ini. 

Luhut pada Januari 2020 mengatakan SoftBank telah menawarkan investasi hingga US$40 miliar untuk proyek tersebut. Namun, SoftBank mengatakan pada saat itu tidak ada angka yang ditawarkan.

Ini bukan pertama kalinya Masayoshi mundur dari proyek berbiaya mahal yang dipimpin pemerintah. SoftBank dan Arab Saudi menandatangani nota kesepahaman pada 2018 untuk pengembangan tenaga surya senilai $200 miliar, jauh lebih besar daripada proyek Ibu Kota Negara, yang akhirnya terhenti.

Pemerintah saat ini tengah membangun Ibu Kota baru di tanah sekitar 1.400 kilometer (870 mil) yang ada di Kalimantan Timur, menggantikan Jakarta. Luhut mengatakan, pemerintah telah menerima komitmen sekitar US$20 miliar dari Abu Dhabi untuk membantu mendanai pengembangan infrastruktur awal dan berencana untuk menawarkan lebih banyak proyek kepada investor lain dalam waktu dekat. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement