Jokowi Akan Mulai Pembangunan Ibu Kota Baru dengan Reboisasi

Ameidyo Daud Nasution
23 Februari 2022, 12:25
jokowi, ikn, ibu kota
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp.
Presiden Joko Widodo menyampaikan paparan tentang pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di sela peresmian gedung Nasdem Tower di Jakarta, Selasa (22/2/2022).

Pemerintah saat ini sedang fokus menangani dampak perubahan iklim yang terjadi. Bahkan Presiden Joko Widodo mengatakan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) merupakan komitmen Indonesia dalam menanggulangi dampak tersebut.

Jokowi juga mengatakan rencana pembangunan akan dimulai pada kawasan inti yakni pusat pemerintahan dan diawali dengan reboisasi hutan. “Diikuti  pembangunan infrastruktur dasar, wilayah hijau dan biru kota, kompleks pemerintahan, serta perkantoran beserta sarana dan prasarananya,” katanya saat berpidatao pada acara Beranda Nusantara, Rabu (23/2).

Advertisement

Jokowi mengatakan 80% transportasi di IKN akan berupa kendaraan umum. Selain itu, 70% wilayah ibu kota baru merupakan area hijau. Kota ini juga akan berbasis pejalan kali serta akan beradaptasi dengan teknologi transportasi masa depan.  

“Ini komitmen Indonesia menanggulangi masalah iklim yang terlihat dengan beberapa indikator menuju net zero carbon dan 100% energi baru terbarukan pada tahun 2060,” kata Jokowi

Nantinya IKN akan menjadi kota yang tumbuh bersama lingkungan alami karena menggunakan material alam dan berbasis energi terbarukan.  Tak hanya itu, ibu kota baru akan menjadi kota yang inklusif dan terbuka bagi masyarakat untuk hidup berdampingan. “Hidup rukun, bersama-sama dan memiliki peluang yang sama,” katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement