Ekonomi Vietnam Kuartal II Melesat 7,7%, Nasib Indonesia Diramal Cerah

Agustiyanti
29 Juni 2022, 18:40
vietnam, ekonomi vietnam
ANTARA FOTO/REUTERS/Thanh Hue/PRAS/sa.
Ilustrasi. Ekonomi Vietnam diperkirakan tumbuh di kisaran 5% pada tahun ini.

Ekonomi Vietnam pada kuartal kedua tahun ini melesat 7,72% secara tahunan atau year on year, tertinggi dalam 11 tahun terakhir. Ekonomi Vietnam hingga akhir tahun ini diprediksi tumbuh pada kisaran 5%, sesuai target pemerintah.

Pertumbuhan ekonomi Vietnam tersebut merupakan yang terkuat untuk periode April-Juni sejak 2011. Realisasi tersebut juga lebih tinggi dibandingkan kuartal pertama yang sudah tumbuh kuat di 5,05%.

Advertisement

"Ini merupakan pertumbuhan yang cukup tinggi dibandingkan dengan negara-negara lain di kawasan dan di dunia, sementara stabilitas makroekonomi tetap terjaga,” kata laporan Kantor Umum Statistik (GSO) dikutip dari Reuters, Rabu (29/6).

Aktivitas pabrik di pusat manufaktur regional tersebut kini telah beroperasi penuh setelah pencabutan restriksi Covid-19 sejak akhir tahun lalu. Pertumbuhan yang kuat pada kuartal ini juga didorong oleh kinerja ekspor yang moncer. Sepanjang Januari -Juni 2022, ekspor tumbuh 17,3% dibandingkan tahun lalu menjadi US$ 185,94 miliar. Produksi industri meningkat 8,7%.

Namun, GSO juga memperingatkan ekonomi Vietnam akan menghadapi sejumlah tantangan pada paruh kedua tahun ini. Risiko tersebut diantaranya tekanan inflasi, ketidakpastian politik global dan dampak dari pandemi yang berkepanjangan.

Inflasi harga konsumen pada Juni naik ke 3,37% secara tahunan, terutama karena kenaikan harga bahan makanan dan energi. Biaya transportasi juga naik 21,4%. Vietnam menargetkan inflasi tahun ini di 4%.

 "Pandemi Covid-19 telah terkendali di Vietnam, tetapi perkembangannya di dunia tetap rumit dengan kemungkinan munculnya varian virus baru,” kata Kepala GSO Nguyen Thi Huong.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement