Jadi Rebutan Influencer, Siapa Berhak Atas Merek Citayam Fashion Week?

Rizky Alika
25 Juli 2022, 21:13
citayam fashion week, cfw, update me
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah anak remaja berjalan di wilayah Dukuh Atas, Jakarta, Minggu (24/7). Akhir-akhir ini fenomena anak-anak remaja yang menghabiskan waktu di Dukuh Atas sedang jadi buah bibir. Mereka datang dengan gaya eksentrik. Menggunakan pakaian hasil berburu di pasar loak, mereka berdandan dengan menabrak pakem fesyen pada umumnya. Media lantas melabeli fenomena itu sebagai Citayam Fashion Week (CFW).

Sejumlah pihak mengajukan hak merek atas Citayam Fashion Week. Salah satunya, yakni perusahaan Baim Wong, PT Tiger Wong tengah mendaftar merek tersebut melalui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kumham).

Siapa sebenarnya yang lebih berhak atas merek Citayam Fashion Week?

Pakar menilai, masyarakat setempat lebih pantas untuk mengajukan hak merek atas fenomena yang viral tersebut.

"Mengingat Citayam adalah nama daerah di wilayah Depok, maka sebaiknya yang memiliki hak merek adalah masyarakat setempat," kata Konsultan Kekayaan Intelektual Dwi Anita Daruherdani kepada Katadata, Senin (25/7).

Wakil Ketua Umum Badan Arbitrase dan Mediasi Hak Kekayaan Intelektual itu menilai, pihak yang dapat memiliki hak atas merek Citayam Fashion Week adalah pembuat dan pemilik yang sesungguhnya atas jenama tersebut. Ia beralasan, salah satu syarat pendaftaran hak merek adalah surat pernyataan yang menyebutkan bahwa pemohon merupakan pemilik merek dan tidak menjiplak merek milik orang lain.

Ia pun mendorong masyarakat kreatif Citayam untuk membuat komunitas guna mengajukan hak atas merek Citayam Fashion Week. Selanjutnya, menurut dia, pemerintah setempat perlu mendukung kreatifitas remaja Citayam tersebut.

"Sehingga bisa memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat atau remaja Citayam," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...