Jokowi Cabut Pembatasan Impor Produk Makanan Jepang

Rizky Alika
27 Juli 2022, 19:57
jokowi, fumio kishida, jepang, impor makanan, impor
Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Tokyo, Jepang pada Rabu (27/7).

Presiden Joko Widodo menemui Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Tokyo, Jepang pada Rabu (27/7). Pada pertemuan itu, Jokowi menyatakan telah mencabut pembatasan impor produk makanan dari Jepang.

"Pembatasan impor produk makanan dari Jepang yang diberlakukan setelah gempa besar timur di Jepang semua telah dicabut," kata Kishida dalam konferensi pers daring yang ditayangkan Youtube Reuters, Rabu (27/7).

Kishida pun menyambut baik kebijakan pemerintah Indonesia tersebut. Kebijakan tersebut, menurut dia, memberikan semangat kepada  masyarakat yang terkena bencana.

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi juga meminta pemerintah Jepang melakukan relaksasi kebijakan perdagangan.  Kepala Negara meminta Negara Matahari Terbit itu untuk menurunkan tarif untuk beberapa produk, antara lain tuna, pisang dan nanas. "Dan akses pasar untuk produk mangga," kata Jokowi. 

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah merespons permintaan Jepang terkait kebijakan sertifikat bebas radio aktif untuk produk pertanian, perikanan, dan makanan asal Jepang.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...