Jokowi akan Resmikan Rumah untuk Korban Banjir Bandang di Papua

Agustiyanti
27 Agustus 2022, 08:06
jokowi, banjir bandang, rumah
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Presiden Joko Widodo (kiri) akan meresmikan rumah bantuan untuk korban banjir bandang di Jayapura pada pekan depan.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan rumah bantuan bagi korban banjir bandang yang dibangun di kawasan Doyo, Kabupaten Jayapura, Papua.

Tenaga Ahli Menteri Sosial Bidang Rehabilitasi Sosial Kemensos Benhur Tomi Mano mengatakan, salah satu agenda Joko Widodo dalam kunjungannya ke Jayapura adalah meresmikan 76 unit rumah yang dibangun untuk korban banjir bandang pada 2019 lali. 

Adapun kawasan pemukiman tersebut dibangun di atas areal sekitar dua hektare. Pemukiman tersebut dilengkapi kandang ayam, babi dan pasar untuk jual beli yang juga dapat dijadikan sebagai tempat pertemuan.

"Saat ini sedang dilakukan penyelesaian sebelum diresmikan Presiden Jokowi yang dijadwalkan tiba di Jayapura pada  31 Agustus," kata Tomi Mano, seperti dikutip dari Antara

Mantan Wali Kota Jayapura ini mengaku berbagai persiapan terus dilakukan sebelum peresmian rumah dan fasilitas penunjangnya. Dana yang dialokasikan untuk membangun rumah dan sarana penunjang lainnya di kawasan itu mencapai sekitar Rp12,6 miliar yang pengelolaannya diserahkan ke Koperasi Alom 76, jelas Tomi Mano.

Banjir bandang dan tanah longsor selain terjadi di Kabupaten Jayapura juga di Kota Jayapura yang menyebabkan 112 orang meninggal dan 94 orang dinyatakan hilang. Kerugian dan kerusakan akibat bencana alam itu mencapai sekitar Rp 454 miliar.
 

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...