Harga Minyak Dunia Turun, Ini Kata Bos Pertamina soal Harga Pertamax

Abdul Azis Said
12 September 2022, 16:47
harga pertamax, pertamax, pertamina
ANTARA FOTO/Ampelsa/wsj.
Ilustrasi. Harga Pertamax saat ini dipatok Rp 14.500 per liter.

PT Pertamina memberi sinyal belum akan menurunkan harga jual Pertamax sekalipun harga minyak dunia terpantau turun dalam beberapa hari terakhir. Harga Pertamax saat ini dipatok Rp 14.500 per liter, naik Rp 2.000 per liter sejak 3 September 2022. 

Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, harga Pertamax saat ini masih berada di bawah keekonomiannya. "Lihat saja harga BBM sejenis Pertamax yang dijual kompetitor berapa?" ujar Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati saat ditemui wartawan di Kompleks Parlemen, Senin (12/9).

Advertisement

Berdasarkan data Kementerian Keuangan, harga indeks pasar BBM jenis Ron 92 atau setara Pertamax pada 25 Juli hingga 24 Agustus sebesar  Rp 15.424 per liter. Sementara harga keekonomian Pertamax berdasarkan hitungan Kemenkeu pada awal bulan ini adalah Rp 17.300 per liter.

Meski demikian, menurut Nicke, keputusan untuk menaikkan untuk naik turunnya harga berada di tangan pemerintah. "Pertamina tinggal jalankan saja," kata dia.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif  sebelumnya menyebut harga BBM bisa saja turun jika harga minyak dunia juga terus turun. Harga minyak dunai Brent dan WTI terpantau masih di bawah US$ 100 per barel sore ini.

Nicke dalam rapat kerja dengan Komisi VI pekan lalu menyebut Pertamax merupakan jenis BBM umum (JBU) yang tidak mendapat subsidi dari pemerintah. Walhasil, Pertamian harus menanggung selisih harga jual dengan harga keekonomiannya.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement