Obat Penawar Gagal Ginjal Akut Fomepizole dari Jepang Sudah Tiba di RI

Agustiyanti
29 Oktober 2022, 11:20
Fomepizole, jepang, obat gagal ginjal akut
Istimewa
Obat gagal ginjal akut, Femopizole sumbangan dari Jepang tiba di Indonesia pada Jumat (29/10) malam.

Obat gagal ginjal akut pada anak, Fomepizole yang merupakan hibah dari Jepang tiba di Indonesia tadi malam, Jumat (28/10). Obat sebanyak 200 vial ini diperoleh dari perusahaan farmasi Jepang, Takeda Pharmaceutical Company Limited. 

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pihaknya akan segera melengkapi seluruh obat tersebut dengan panduan berbahasa Indonesia. "Karena semua informasi dalam bahasa Jepang," kata Budi, Sabtu (29/10).

Indonesia sebelumnya juga telah mendatangkan obat ini dari Singapura dan Australia sebanyak 36 vial. Obat-obat tersebut telah didistribusikan ke sejumlah rumah sakit, termasuk di Padang, Aceh, dan Surabaya. 

Fomepizol adalah obat penawar yang dapat mengikat Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) dalam tubuh pasien. Kedua etilen yang ditemukan pada beberapa obat batuk sirup ini menjadi penyebab gagal ginjal akut pada ratusan anak. 

Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril mengatakan, Fomepizole merupakan obat yang telah dirujuk oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Ia mengatakan, hanya Fomepizole obat yang siap dipakai dibandingkan obat lainnya.

"Obat ini gratis, tidak berbayar kepada pasien," kata Syahril dalam konferensi pers virtual, Selasa (25/10). 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...