Dikabarkan Masuk RS, Menlu Rusia Hadir di KTT G20 Hari Ini

Agustiyanti
15 November 2022, 09:20
Sergei Lavrov, menlu rusia, rusia
ANTARA FOTO/REUTERS/Denis Balibouse
Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov sempat dikabarkan jatuh sakit usai tiba di Bali.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov tiba di Apurva Kempinski untuk menghadiri pertemuan hari pertama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada Selasa (15/11). Ia muncul setelah sempat dikabarkan jatuh sakit dan dilarikan ke rumah sakit tak lama setelah tiba di Indonesia. 

Lavrov tiba di Kempinski sekitar pukul 09.15 WIB. Ia disambut langsung oleh Presiden Joko Widodo seperti halnya para kepala negara dan delegasi lainnya.  

Lavrov mewakili Presiden Vladimir Putin yang tak hadir secara langsung karena perlu tetap tinggal di Rusia di tengah perang dengan Ukraina. Menlu Rusia ini sebelumnya dikabarkan jatuh sakit dan dilarikan ke rumah sakit tak lama setelah tiba di Indonesia. Kabar ini sempat dibantah oleh Rusia. 

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova kemudian membantah bahwa Lavrov telah dirawat di rumah sakit. Ia menyebut kabar tersebut sebagai "kepalsuan tingkat tertinggi."

Namun ia juga tidak membahas apakah Lavrov telah menerima perawatan medis Zakharova membagikan video Lavrov tampak sehat dengan kaos dan celana pendek sembari diminta untuk memberi tanggapan soal kabar tersebut.

“Mereka telah menulis tentang presiden kita selama 10 tahun bahwa dia jatuh sakit. Ini adalah permainan yang bukan hal baru dalam politik,” kata Lavrov dalam video tersebut. Kantor berita nasional Rusia Tass secara terpisah mengutip Lavrov yang mengatakan, "Saya di hotel, membaca materi untuk KTT besok."

Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko juga memastikan Lavrov dalam kondisi baik, kemarin. "Saya tidak berhak memberikan penjelasan. Tapi yang saya monitor tadi sudah dalam keadaan baik," kata Moeldoko saat ditemui wartawan di Media Center G20, Nusa Dua, Bali, Senin (14/11).

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...