Rudal Rusia Jatuh di Polandia, Biden Gelar Rapat NATO di KTT G20 Bali

Agustiyanti
16 November 2022, 09:15
biden, joe biden, KTT G20, bali
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Galih Pradipta/nym.
Presiden Amerika Serikat Joe Biden (kedua kanan) berbincang dengan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen (kanan) saat sesi Partnership for Global Insfrastucture and Investment dalam rangkaian KTT G20 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (15/11/2022).

Presiden Amerika Serikat Joe Biden menggelar rapat darurat dengan para pemimpin dunia lainnya yang tergabung dalam NATO di tengah-tengah rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Rapat darurat dilakukan setelah sebuah ledakan yang diduga merupakan rudal buatan Rusia terjatuh di Polandia yang menewaskan dua orang. 

Mengutip CNN, pertemuan ini dihadiri Kanada, Uni Eropa, Spanyol, Italia, Prancis, Jerman, Belanda, dan Jepang. Wartawan sempat diizinkan masuk ke ruangan untuk melihat para pemimpin duduk di meja. Ketika ditanya apakah Biden dapat  memberikan pembaruan tentang ledakan itu, ia menolak. 

Advertisement

Biden sempat melakukan komunikasi melalui telepon dengan Presiden Polandia Andrzej Duda. Ia menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas hilangnya nyawa penduduk di Polandia Timur awal malam ini.

Duda menggambarkan penilaian Polandia yang sedang berlangsung tentang ledakan yang terjadi di bagian timur negara itu dekat perbatasan dengan Ukraina. Biden juga menawarkan dukungan dan bantuan penuh AS untuk penyelidikan Polandia,” lanjut pembacaan itu.

Ia pun menegaskan kembali komitmen kuat Amerika Serikat terhadap NATO. PPara pemimpin sepakat agar tim mereka tetap berhubungan erat untuk menentukan langkah selanjutnya yang tepat saat penyelidikan berlangsung. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement