Anggaran Kemenhub Sudah Terserap Rp 25,35 T

Kemenhub optimistis realisasi penyerapan anggaran hingga akhir tahun mencapai 97,25%.
Nadya Zahira
24 November 2022, 22:36
budi karya, kemenhub, anggaran
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan akan terus mengawal kinerja jajaran Kemenhub agar realisasi anggaran mencapai target.

Kementerian Perhubungan mencatat realisasi anggaran hingga 23 November 2022 mencapai Rp 25,35 triliun atau 75,63% dari pagu tahun ini Rp 35,51 triliun. Kemenhub optimistis penyerapan anggaran hingga tutup tahun ini mencapai 97,25%. 

 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan akan terus mengawal kinerja jajaran Kemenhub agar realisasi anggaran mencapai target. "Secara konsisten kami melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala kepada seluruh satuan kerja sampai ke tingkat bawah (eselon III), ” ujar Budi dalam keterangannya saat rapat kerja evaluasi pelaksanaan anggaran 2022 dengan Komisi V DPR RI, di Jakarta, Kamis (24/11). 

Salah satu upaya yang dilakukan Kemenhub untuk mengoptimalkan kinerja anggaran yaitu dengan mengalihkan atau merevisi anggaran yang berpotensi tidak terserap. Anggaran ini dialihkan ke program kegiatan yang masih kekurangan anggaran dan prioritas bagi kebutuhan dasar masyarakat. 

Advertisement

“Anggaran angkutan perintis udara dan laut hanya cukup sampai Oktober dan sudah kami alihkan dari kegiatan yang berpotensi tidak terserap anggarannya,” ujar Budi.  

Selain itu, upaya untuk mengoptimalkan serapan anggaran yakni dengan mengoptimalisasi sisa anggaran melalui mekanisme revisi, menggeser PNBP untuk kegiatan yang bersifat peningkatan pelayanan, dan mengantisipasi pekerjaan yang diperkirakan melewati akhir tahun anggaran dengan mekanisme bank garansi.

Budi mengatakan, pihaknya sepanjang tahun ini juga telah menjalankan  program pembangunan infrastruktur transportasi. Ini mencakup revitalisasi Terminal VVIP Bandara Halim Perdanakusuma, pengoperasian Bandara Kertajati untuk melayani umroh, serta penyelesaian beberapa infrastruktur di Bali untuk G20 antara lain terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai, Pelabuhan Sanur, Pelabuhan Penyeberangan Bias Munjul dan Sampalan.

Dalam raker tersebut, Budi  juga menyampaikan bahwa sektor perhubungan laut menjadi penghasil PNBP terbesar, sedangkan udara dan kereta api stagnan dan bahkan kurang dari tahun sebelumnya, dan sektor darat relatif sama dengan tahun lalu.

Adapun total realisasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang dihimpun Kemenhub hingga November 2022 tercatat sebesar Rp 7,6 Triliun atau sebesar 90,14% dari target yang ditetapkan sebesar Rp. 8,6 triliun.

 

Reporter: Nadya Zahira
Editor: Agustiyanti
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait