Lebih dari Separuh Jemaah Haji RI Lulusan Perguran Tinggi, Hanya 6% SD

Abdul Azis Said
19 Desember 2022, 13:21
haji, jemaah haji
ANTARA FOTO/REUTERS/Saudi Press Agency/Handout /foc/cf
Ilustrasi. BPS mencatat, sebanyak 34% dari total jemaah haji tahun ini merupakan lulusan S1 atau D4 atau sekitar 34 ribu orang.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, lebih dari separuh jemaah haji Indonesia pada tahun ini berlatar belakang pendidikan tinggi, yakni diploma hingga S3. Total jemaah haji yang berangkat pada tahun ini mencapai 100.051 orang. 

"Kalau dilihat dari tingkat pendidikannya, jemaah haji tahun 2022 ini didominasi oleh jemaah haji berpendidikan  tinggi yaitu mulai dari diploma sampai S3. Jadi kalau dikumpulkan, mencapai 52%," kata Kepala BPS Margo Yuwono dalam konferensi pers, Senin (19/12).

Sebanyak 34% dari total jemaah haji tahun ini merupakan lulusan S1 atau D4 atau sekitar 34 ribu orang. Sebanyak 8 ribu merupakan lulusan DI-DIII, serta 10 ribu merupakan lulusan S2 dan S3. 

Pada tingkat pendidikan SMA ke bawah, sebanyak 30 ribu orang merupakan lulusan SMA, sekitar 9 ribu merupakan lulusan SMP, sekitar 6.000 orang lulusan Sekolah Dasar (SD) sebanyak 6 ribu, dan hanya 3% atau 3 ribu  yang tidak bersekolah.

Dari sisi usia, jemaah haji yang berangkat ke Arab Saudi tahun ini jauh lebih muda-muda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Sebanyak 74,6% dari jemaah tersebut berusia 41-60 tahun. Jemaah haji tertua yakni 60-65 tahun sebanyak 13,4%, sisanya berusia 40 tahun ke bawah.

Karakteristik usia jemaah haji tahun ini juga berbeda dibandingkan dengan sebelum pandemi. Saat itu, masih ada jemaah haji usia lebih dari 71 tahun sebanyak 8,78% atau sekitar 19 ribu orang. "Ini karena adanya pembatasan dari Arab Saudi tidak diperbolehkan ada jemaah haji yang berusia lebih dari 65 tahun," kata Margo. 

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...