Rusia Gempur Ukraina Jelang Natal, 10 Orang Tewas

Agustiyanti
25 Desember 2022, 11:38
Rusia, Ukraina, perang rusia-ukraina
ANTARA FOTO/REUTERS/Vitaly Nevar/wsj
Ilustrasi.

Serangan Rusia di kota Kherson, Ukraina menewaskan sedikitnya 10 orang dan melukai 58 orang pada Sabtu (24/12). Pihak Ukraina mengutuk serangan ini sebagai pembunuhan semberono demi memenuhi kesenangan Rusia. 

Seorang pejabat pro-Moskow menanggapi dengan mengatakan pasukan Ukraina telah melancarkan serangan dalam upaya untuk menyalahkan militer Rusia.

Presiden Volodymyr Zelenskiy menerbitkan foto-foto yang menunjukkan jalan-jalan dipenuhi dengan mobil yang terbakar, jendela yang pecah dan tubuh manusia. Zelenskiy baru saja melakukan perjalanan ke Amerika Serikat mencari senjata untuk melawan invasi Rusia selama 10 bulan, 

"Jejaring sosial kemungkinan besar akan menandai foto-foto ini sebagai 'konten sensitif'. Tapi ini bukan konten sensitif,  ini adalah kehidupan nyata Ukrain," ujarnya, seperti dikuitip dari Reuters (24/12).

Rusia menguasai sebagian besar, tetapi tidak semua wilayah Kherson. Gubernur setempat Yaroslav Yanushevych yang ditunjuk oleh Kyiv mengatakan kepada televisi nasional bahwa jumlah korban tewas meningkat menjadi 10 orang.

Gubernur wilayah yang ditempatkan Rusia mengatakan, Kyiv telah memerintahkan pasukan untuk menyerang kota. "Ini adalah provokasi menjijikkan dengan tujuan jelas menyalahkan angkatan bersenjata Rusia,"ujarnya  di Telegram

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...