Daftar 5 Ruas Tol yang Telah Rampungkan Beautifikasi dan Landscaping

Nadya Zahira
16 Januari 2023, 10:10
ruas tol, BUJT, kementerian PUPR, tol
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.
Ilustrasi. Kementerian PUPR mencatat, terdapat 66 ruas tol yang menjalankan program beautifikasi dan landscaping.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendorong Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk merampungkan program beautifikasi dan landscaping yang sudah berjalan pada sejumlah ruas tol pada Maret 2023. Total terdapat 66 ruas tol yang menjalankan program tersebut. 

“Kami meyakini dengan lingkungan jalan tol yang lebih baik akan berkontribusi terhadap kenyamanan dan keselamatan dalam mengemudi di jalan tol, khususnya tidak hanya jalannya tetapi juga rest area-nya,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam siaran pers, Senin (16/1).

Basuki meminta agar BUJT segera meramupungkan beautifikasi dan landscaping ruas-ruas tol yang telah memiliki progres di atas 50%. “Program ini harus sudah selesai 100% pada akhir Maret 2023,” ujarnya. 

Saat ini, terdapat 66 ruas jalan tol yang menjalankan program beautifikasi dan landscaping. Hingga November 2022, terdapat empat pengelola jalan tol yangyang telah merampungkan program tersebut pada ruas tol-nya hingga 100%, yakni:

  1. PT Jasa Marga (Persero) Tbk untuk ruas Jalan Tol Cawang-Tomang-Pluit
  2. PT Hutama Karya (Persero) untuk ruas Tol Akses Tanjung Priok
  3. PT Marga Mandalasakti untuk ruas Tol Tangerang-Merak
  4. PT Citra Karya Jabar Tol untuk ruas Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan Seksi 1 (Cileunyi-Pamulihan)
  5. PT Jasamarga Bali Tol untuk ruas Tol Nusa Dua-Ngurai Rai-Benoa.      

BUJT diminta untuk menghadirkan lingkungan jalan tol yang lebih baik dengan memperhatikan aspek pemenuhan Standar Pelayanan Minimum (SPM). Ini tertuang dalam Instruksi Menteri PUPR yang tertuang dalam Surat Menteri PUPR No. BM.0702-Mn/1057 tentang Rencana Kerja Peningkatan Kualitas Jalan Tol.     

Adapun kegiatan peningkatan kualitas dan estetika jalan tol dengan beautifikasi dan landscaping, mencakup:

  • Marka (pengecatan marka pudar, pengecatan marka setelah Scrapping Filling Overlay, dan pemasangan marka rumble strip)
  • Huardrail (pemasangan guardrail baru, pemeliharaan dan reposisi guardrail, pembersihan, pengecatan ulang, pemasangan end guardrail section, dan pembersihan windshield dan soundbarrier).
  • Pembangunan jembatan atau jembatan penyeberangan Orang (JPO) atau overpass (pengecatan, pembersihan, perbaikan pipa drainase, perbaikan railing, pengecatan railing, penghijauan dan landscaping (penanaman pohon, perawatan taman, pemotongan rumput serta beautifikasi landscaping di interchange, gerbang tol, kantor gerbang, dan di sepanjang jalur tol)

Reporter: Nadya Zahira
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...