Sepuluh Jalan Tol Baru Beroperasi Sepanjang 2022, Ini rinciannya

Nadya Zahira
31 Desember 2022, 06:00
Foto udara kendaraan melintas di Simpang Susun Sumedang Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (16/12/2022). Dua ruas Jalan Tol Cisumdawu seksi 2 dan seksi 3 telah dibuka secara fungsional serta pengoperasiaa
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc.
Foto udara kendaraan melintas di Simpang Susun Sumedang Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Jumat (16/12/2022). Dua ruas Jalan Tol Cisumdawu seksi 2 dan seksi 3 telah dibuka secara fungsional serta pengoperasiaannya masih belum dikenakan tarif guna mendukung jalur Natal dan Tahun Baru 2022.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah mengoperasikan 10 ruas jalan tol pada 2022. Sepuluh tol baru tersebut menambah panjang jalan bebas hambatan yang dimiliki Indonesia sebanyak 142 km.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan bahwa Kementerian PUR dan Badan Usaha Jalan Tol atau BUJT terus menggenjot pembangunan sejumlah proyek jalan tol dalam rangka peningkatan konektivitas. 

“Kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif seperti kawasan industri, pariwisata, bandara, dan pelabuhan akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri,” ujar Basuki melalui keterangan resmi, pada Jumat (30/12).

Adapun 10 ruas tol yang mulai beroperasi sepanjang 2022 yakni:

1. Januari: Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan

Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan atau Cisumdawu Seksi 1 Cileunyi – Pamulihan beroperasi sepanjang 11,4 km. Jalan tol ini telah resmi dioperasikan sejak Januari 2022.

2. Februari: Jalan Tol Binjai - Langsa Seksi 1 Binjai - Stabat

Jalan Tol Binjai - Langsa Seksi 1 Binjai – Stabat beroperasi sepanjang 11,8 km. Ruas Tol Binjai Stabat merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang akan menguhubungkan Provinsi Aceh dan Sumatera Utara.

3. Februari: Jalan Tol Danowudu – Bitung 

Jalan Tol Manado -  Bitung ruas Danowudu – Bitung beroperasi sepanjang 13,425 km. Ruas Tol Danowudu – Bitung akan meningkatkan konektivitas di Sulawesi Utara, khususnya mempermudah mobilitas barang dan orang dari Manado ke Bitung, termasuk dari Manado menuju Pelabuhan Internasional Bitung dan Likupang. 

4. Maret: Jalan Tol Sigli - Banda Aceh Seksi 2 Seulimeum - Jantho 

Jalan Tol Sigli - Banda Aceh Seksi 2 Seulimeum – Jantho beroperasi sepanjang 6,35 km. Ruas tol ini merupakan salah satu backbone (ruas utama) Jalan Tol Trans Sumatera yang menjadi Proyek Strategis Nasional atau PSN untuk mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di Aceh. 

5. Juli: Jalan Tol Cibitung - Cilingcing Seksi 2 dan 3 Telaga Asih - Tabelang - Tarumajaya

Adapun untuk bulan Juli 2022 telah beroperasi Jalan Tol Cibitung - Cilincing Seksi 2 dan 3 Telaga Asih – Tambelang - Tarumajaya sepanjang 24,45 km. Kehadiran Tol Cibitung-Cilincing diharapkan dapat mempercepat mobilitas barang yang berasal dari kawasan industri dan kawasan logistik yang tersebar di Karawang dan Bekasi menuju Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...