Bos Tokopedia Ungkap Keuntungan BTS & Blackpink Jadi Brand Ambassador

CEO Tokopedia Wiliam Tanuwidjaja mengungkapkan keuntungan dari menggaet BTS dan Blackpink sebagai Brand Ambassador.
Image title
18 September 2021, 18:11
bts, tokoepedia, ecommerce
Instagram/@Tokopedia
Tokopedia menggandeng BTS dan Blackpink sebagai duta merek atau brand ambassador.

Raksasa ecommerce, Tokopedia menggaet BTS dan Blackpink sebagai duta merek atau brand ambassador. CEO Tokopedia Wiliam Tanuwidjaja mengungkapkan keuntungan di balik penunjukkan kedua grup musik asal Korea Selatan ini. 

"Saat kita mengajak tokoh dunia seperti BTS dan Blackpink, setiap bulan bisa world wide trending topic," ujar Wiliam dalam ealth Wisdom 2021: Step Up To The New Creative Economy, Sabtu (18/9). 

Wiliam bercerita, BTS dan Blackpink memiliki pengaruh yang besar. Kedua grup musik ini dapat diajak untuk mengangkat produk Indonesia di panggung dunia. "BTS itu bisa diajak, misalnya minum susu cokelat atau susu pisang kas Indonesia sehingga produk lokal dapat terangkat," katanya. 

BTS dan Blacpink hadir dalam acara Waktu Indonesia Belanja (WIB) TV Show yang digelar setiap akhir bulan. Program ini dibuat untuk mendorong peningkatan penjualan para mitra Tokopedia yang sebagian besar menjual produk-produk lokal.

"Kami tau permintaan harus didorong karena itu setiap tanggal 25 hingga akhir bulan setiap masyarakat Indonesia gajian kami membuat program untuk mendorong mereka berbelanja, terutama produk lokal," katanya. 

Wiliam mengatakan lebih 100 juta orang Indonesia mengunjungi platform Tokopedia setiap bulannya. Ia berharap hal ini dapat dimanfaatkan oleh berbagai mitra untuk mendorong penjualan mereka. 

Tokopedia berkolaborasi dengan BTS sejak 2019. BTS terdiri dari tujuh anggota yaitu RM, Jin, Suga, J-hope, Jimin, V dan Jung Kook. Boyband ini di bawah naungan Big Hit Entertainment. 

Sementara kolaborasi dengan BLACKPINK baru mulai dilakukan sejak awal tahun ini. Blackpink terdiri dari empat anggota yakni Jisoo, Jennie, Rose, dan Lisa. BLACKPINK di bawah naungan YG Entertainment.

Penunjuk kedua grup musik ini berdampak pada jumlah kunjungan ke Tokopedia. Saat pengumuman dua duta merek (brand ambassador) yakni BTS dan Blackpink digelar pada Januari, jumlah kunjungan ke platform Tokopedia berhasil menyalip Shopee pada kuartal I 2021. 

Berdasarkan data Similiarweb, jumlah kunjungan ke platform di Tokopedia selama Januari hingga Maret berturut-turut yakni 138 juta, 126 juta, dan 141 juta. Sedangkan Shopee 131 juta, 121 juta, dan 130 juta.

Sedangkan iPrice sebelumnya mencatat, jumlah kunjungan ke situs web dan aplikasi Shopee di urutan pertama di Indonesia sepanjang tahun lalu. Secara berurutan pada kuartal I hingga IV 2020, jumlahnya rerata 71,53 juta, 93,44 juta, 96,53 juta, dan 129,32 juta per bulan.

iPrice juga mencatat, jumlah kunjungan ke platform Shopee merupakan yang tertinggi di Asia Tenggara. “Rata-rata total kunjungan website (di Indonesia) selalu di atas 90 juta per bulan selama 2020,” demikian dikutip dari laporan iPrice, Februari lalu (10/2). Jumlah kunjungan ke platform Tokopedia meningkat setelah pengumuman dua duta merek (brand ambassador) yakni BTS dan Blackpink pada Januari. Keduanya tampil dalam acara Waktu Indonesia Belanja (WIB) TV Show yang digelar setiap akhir bulan.

Berdasarkan riset Shopback, ada lima e-commerce yang paling banyak dipilih konsumen selama kuartal I yakni Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan Blibli. Alasan utama mereka memilih yaitu promosi (56%), tepercaya (53%), proses memesan dan membayar mudah (52%), gratis ongkos kirim (51%), serta aplikasi atau situs web mudah digunakan (48%).

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait